Pengaruh Pengetahuan Sastra Terahadap Kemampuan Menulis Cerpen

  • Ryan Hidayat
  • Fauzi Rahman
Keywords: Pengetahuan Sastra, Kemampuan Menulis Cerpen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, penelitian ini mengarah kepada besar kecilnya atau kuat lemahnya kadar pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasilnya dapat dilihat bahwa nilai Sig = 0,000 dan thitung = 4,039, sedangkan ttabel = 2,002, karena nilai Sig < 0,05 dan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen.

References

Hidayat, Ryan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Jurnal Deiksis Vol. 8 No.3 November
Munandar, Utami S.C. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE
Sayuti, Suminto. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta : Gama Media
Selden, Rahman. 1985. A Reader’s Guide to Contempory Literary Theory. Liverpool : Harvester Press
Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sumardjo, Jacob. 2007. Menulis Cerita Pendek. Bandung : Penerbit Pustaka Latifah
Suriasumantri, Jujun. 1998. Filsafat Ilmu. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Widyamartaya, A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Jakarta : Kanisius
Published
2019-10-24
How to Cite
Hidayat, R., & Rahman, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Sastra Terahadap Kemampuan Menulis Cerpen. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 88-91. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/37