ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST TENSE PADA KEGIATAN MENULIS RECOUNT TEXT MAHASISWA DKV UNINDRA

  • Fitria Iswari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Fauzi Rahman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Puri Kurniasih Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Analisis Kesalahan;, Simple Past Tense;, Recount Text

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang kompleks karena melibatkan ide, gagasan, dan rasa yang disampaikan berupa tulisan dan dikemas sebaik mungkin agar mampu dipahami oleh pembaca dengan mudah. Menulis dengan baik sangat penting bagi mahasiswa, karena menulis adalah keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan – kesalahan penggunaan simple past tense yang sering dilakukan oleh mahasiswa pada kegiatan menulis recount text. , yang kemudian hasil penelitian ini akan digunakan untuk bahan perbaikan dalam sistem/ proses belajar dan pembelajaran mahasiswa khususnya kegiatan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melibatkan 40 hasil tulisan mahasiswa Prodi DKV Universitas Indraprasta PGRI benrbentuk recount text dengan tema “pengalamanku”. Data yang didapat dianalisis menggunakan teori dari ellis tentang kesalahan berbahasa. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya kesalahan penggunaan simple past tense pada kegiatan menulis recount text sebesar 54% untuk kesalahan penghilangan (omission), 38% untuk kesalahan penggunaan bentuk (misinformation), dan 8% untuk kesalahan penempatan (missordering). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan peningkatan dalam penguasaan simple past tense dan mampu menuangkan dalam bentuk tulisan lebih baik lagi.

References

Akhadiyah, S., & Dkk. (2001). Menulis I. Buku Materi Pokok. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Ali, A. F. R. S. P. (2010). English Grammar Complite Edition. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Azar, B. S. (1993). Understanding and Using English Grammar. USA: Pearson Education.
Bima, B., & Dkk. (2005). Let’s Talk. Bandung: pakar Raya.
Dede Irawan. (n.d.). ANALISA KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN SIMPLE PAST TENSE OLEH MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5, 91–96.
Ellis, R. (1997). Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Ellis, R. (2001). Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press.
Ikawati Ayuningtias, D., & Wenanda, D. (n.d.). Analisis Kesalahan Aspek Grammatika Karangan Mahasiswa Semester 3 Program Studi Sastra Inggris. Pamator Sastra Inggris FISIB Universitas Trunojoyo Madura, 6.
Lado, M. J. (2010). Memahami Tenses Bahasa Inggris. Jakarta: Titik Terang.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. McGraw-Hill: Harper Collins Publisher.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2019-05-06
How to Cite
Iswari, F., Rahman, F., & Kurniasih, P. (2019). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST TENSE PADA KEGIATAN MENULIS RECOUNT TEXT MAHASISWA DKV UNINDRA. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(01), 8-16. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/23