Pengaruh Summarization Pyramids Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn 01 Nagrak Gunungputri-Bogor

  • Fauziah Suparman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Fauzi Rahman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Summarization Pyramids

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberpengaruhan Piramida Ringkasan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental yang merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Instrumen penelitian ini telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas sebelum diberikan kepada objek penelitian. Uji validasi menggunakan rumus Point Biserial Correlation untuk uji validasi terdapat 41 dan realibilitas dengan rumus K-R 20. Hasil dalam penelitian ini, pada kelompok eksperimen menggunakan Piramida Ringkasan dengan uji normalitas Lhitung=0,11<0,161=Ltabel dan kelompok kontrol tidak menggunakan Piramida Ringkasan didapat Lhitung=0,08<0,161=Ltabel. Setelah kelompok eksperimen dan kontrol taraf signifikansi 1-α dengan derajat kebebasan=K-2 adalah 1,67 data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas Fhitung=1,153 dengan Ftabel=1,858 dk pembilang=29 dan dk penyebut=29, karena Fhitung<Ftabel berarti adanya kesamaan kedua variansi, sampel berasal dari populasi homogeny. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung=3,130 pada taraf siginifikansi =0,05 dan 0,01 dengan derajat kebebasan (dk) 58, sedangkan Ttabel=1,671 karena Thitung>Ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan H1 diterima, dengan ini terlihat terdapat pengaruh dalam pembelajaran dengan menggunakan Piramida Ringkasan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadeli. 2006. Metode Penelitian Kependdidikan. Ciputat: Quantum Teaching
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatie Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Wormeli, Rick. 2011. Meringkas Mata Pelajaran. Jakarta: Erlangga.
Yanti, Prima Gusti, dkk. 2016. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Grasindo.
Published
2019-10-24
How to Cite
Suparman, F., & Rahman, F. (2019). Pengaruh Summarization Pyramids Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn 01 Nagrak Gunungputri-Bogor. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 59-65. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/34