MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

(STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR)

  • Fauzi Rahman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: karangan deskripsi, picture and picture, sekolah dasar, model pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model Picture and Picture dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu dengan menjelaskan bagaimana proses pembelajaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi karangan deskripsi. Hasil yang didapat adalah bahwa Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Dalam model Picture and Picture, memperlihatkan gambar sebagai salah satu model pembelajaran, bukan tujuan utama yang harus diberikan kepada siswa, tetapi lebih kepada asumsi bahwa semakin guru berhasil memberikan stimulus gambar maka diharapkan siswa akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari gambar tersebut.

References

Brotowidjaya, Mukayat D.. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademik Presindo.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media.
Dimiyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Heuken, Adolf. (2008). Teknik Mengarang. Yogyakarta : Kanisius.
Keraf, Gorys. (1994). Komposisi. Jakarta : Nusa Indah
Latif, Muhammad Abdul, (2009). The Power of Story Telling. Depok : Luxima Metro Media.
Muhammad, Nur. (1999). The Developing of Science Instructional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thingking Ability. Surabaya: Dikti.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Rahman, Azizul dkk. (2002). Karangan. Jakarta : Pelangi Publishing Group Bhd
Rosidi, Imron. (2009). Menulis.......... Siapa takut?. Yogyakarta : Kanisius
Semi, M. Atar Semi. (2012) Metode Penelitian Sastra, Bandung : CV Angkasa.
Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Silberman, Melvin L.. (2010). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia & Nuansa.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Tompkins, Gail E.. Teaching Writing, New York: MacMillan College Publishing Company.Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher..
Yanti, Prima Gusti, Fairul Zabadi, dan Fauzi Rahman. 2016. Bahasa Indonesia: konsep dasar dan penerapan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
2018-10-26
How to Cite
Rahman, F. (2018). MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 1(01), 55-62. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/6