NOMOPHOBIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK (STUDI KASUS)

  • Muhamad Abdul Gofur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Siti Nur Halimah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Nomophobia dan Pengaruhnya, Motivasi Belajar Anak, SDN Margahayu X Kota Bekasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nomophobia dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Anak di SDN Margahayu X Kota Bekasi. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu 54 orang siswa, 6 orang guru dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milesdan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 31 orang siswa yang mengalami nomophobia dengan kategori tinggi dan persentasenya 57%; 22 orang siswa yang mengalami nomophobia dengan kategori sedang dan persentasenya 41%; dan 1 orang yang tidak mengalami nomophobia dengan kategori rendah dan persentasenya 2%. Jadi, dapat dikatakan bahwa nomophobia berpengaruh terhadap motivasi belajar anak di SDN Margahayu X Kota Bekasi..

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka
dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal
Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.
https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Agusta, Duha. 2016. Faktor-faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Yogyakarta : Journal Bimbingan dan Konseling. Edisi. 3.

Asmurti, Andi Alimuddin Unde, dan Tawany Rahamma. 2017. Dampak Penggunaan Smartphone di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Makasar : Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 6. No. 2. Juli – Desember 2017.

Dinda Berliana, Hanik Endang Nihayati, dan Erna Wahyuni. 2019. Hubungan Smartphone Addiction dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Surabaya : Jurnal Keperawatan Jiwa. Vol. 1. No. 1.

Djamarah Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Cet. 3. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Edy, Ayah. 2015. Ayah Edy Menjawab Problematika Orangtua ABG dan Remaja. Jakaerta : Noura Book Publising.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Banda Aceh : Lentanida Journal. Vol. 5 No. 2.
Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet.5. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Fitria, Fitriana dan Anziar Ahmad. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja dalam Keluarga. Banda Aceh : Jurnal Psikologi. Vol. 5. No. 2.
Gunawan, Meta Anindya Ayanti. “Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik”, Skripsi (Semarang : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, 2017).
Hafni, Nurlaili Dina. 2018. Nomophobia, Penyakit Masyarakat Modern. Tuban : Jurnal Al-Hikmah. Vol. 6. No. 2. Oktober 2018.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Studi Kasus (Single case Instrumental Case, & Multisite). Cet. 1. Malang : CV. Literasi Nusantara.
Haq, Musyrif Kamal J. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Smartphone sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mata Kuliah Studi Fiqih Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maliki, Malang (Karya Tulis Ilmiah Tesis). Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hendriyani, Tuti. 2019. Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mereduksi Nomophobia. Malang : Jurnal Psikologi Pendidikan.
Irmayanti, Yuli. 2018. Peran Orangtua dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah. Surakatra : Skripsi.
Labbaika Fadhilah, Eli Nur Hayati, dan Khoiruddin Bashori. 2021. Nomophobia di Kalangan Remaja. Yogyakarta: Jurnal Diversita.
Marpaung, Junierissa. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Batam ; Jurnal KOPASTA. Vol. 5. No. 2.
Mayasri, Indian Sunita dan Eva. 2018. Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Pekanbaru : Jurnal Endurance. Vol. 3. No. 3.
Nikmah, R. Raudlatun. 2018. Bimbingan Konseling Berbasis Evaluasi dan Supervisi. Cet. 1. Yogyakarta : Aksara.
P.W. Pradana, F.A. Muqtadiroh, dan A.S. Nisafani. 2016. Perancang Aplikasi Liva untuk Mengurangi Nomophobia dengan Pendekatan Gamiikasi. Surabaya : Jurnal Teknik ITS. Vol. 5. No. 1.
Rahayuningrum, Dwi Christina dan Annisa Novita Sary. 2019. Studi Tingkat Kecemasan remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia) di SMA Negeri Kota Padang. Padang : Jurnal Keperawatan BSI. Vol. VII. No. 1. April 2019.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Edisi 1. Cet. 23. Jakarta : Rajawali Pers.

Sari , Indah Permata dkk. 2020. Konsep Nomophobia pada Remaja Generasi Z. Padang : Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI). Vol. 5. No. 1. Februari 2020.
Satriya, Muchammad Rahman Fiqi. 2016. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Munculnya Nomophobia pada Mahasiswa Universitas Muhammaddiyah, Jember (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Jember : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.
Savitri, Melvi Krisna, dan Evi Winingsih. 2021. KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA SISWA SMAN 2 PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19. Surabaya : Jurnal BK UNESA.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Cet. 6. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sobandi, Zafar Sidik dan A. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Bandung : Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3. No. 2. Juli 2018.
Subagijo, Azimah. 2020. Diet & Detoks Gadget. Jakarta : Noura Books.
Sudarji, Shanty. 2017. Hubungan antara Nomophobia dengan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi Psibernetika. Vol. 10. No. 1.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta.
Suhardi, Tri dan Esti Utami. 2019. Ayah & Bunda Megatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Cet. 1. Semarang : Syalmahat Publishing.
Suryameng. 2019. Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jakarta : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 2.
Published
2022-09-02
How to Cite
Gofur, M., & Halimah, S. (2022). NOMOPHOBIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK (STUDI KASUS). El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 59-70. https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i2.63