PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV A DI MI AL HUDA RAWASAPI KABUPATEN BEKASI

  • Muhamad Abdul Gofur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Alfiyah Alfiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran TGT

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV A di MI Al Huda Rawasapi Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran serta informasi tentang peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Hasil intervensi yang diharapkan pada penelitian ini adalah setiap siswa mencapai nilai presentase akhir minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mencapai hasil belajar matematika siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 55. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 70 dan rata-rata kemampuan siswa pada siklus II adalah 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Sehingga semua subjek penelitian pada assesmen akhir mencapai hasil intervensi tindakan yang diharapkan.

References

Adams. 2013. Cooperative Learning Effects On The Classroom. In Cooperative Learning.
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc. hlm. 268
Andi Ghothenk, 2010. Pembelajaran Karakteristik Pembelajaran Matematika. Dalam http://andinurdiansah.blogspot.com/2010/10/karakteristik-pembelajaran-matematika.html
Arikunto, Suharsimi.2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ismail. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Jufri, Wahab. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Maharani,Ervina. 2014. Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Parasmu
Pandiangan,Belawati. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Rachmat, 2003. Model-Model Pembelajaran Kooperatif, (On Line, www. Geoogle. Com. Model Pembelajaran Matematika
Rochmad Ari Setiawan. 2009. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Di akses. 20 Januari 2022. Pukul : 19.15 WIB. Universitas Pahlawan, https://jbasic.org/index.php/basicedu
Rohwer, W.D., dan Sloane, K. 1994. Psycological Perspectives. In Anderson, L.W., dan Sosial, L.A (Eds), Bloom’s Taxonomy: A Forty-year Retrospective, Ninety-third Yearbook of the National Society for the Study of Education (hlm. 41 – 63). Chicago: University of Chicago Press
Rusman. 2006. Modul Pendekatan dan Model Pembelajaran. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Sholihatin,Etin. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
Siregar,Eveline,Hartini Nara. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sudjana,Nana. 2016. Penelitian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya
Sumarni. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 4 Jati Mulyo. Di akses. 7 Januari 2022. Pukul : 13.32 WIB. STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung, jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/view/9/5
Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilm
Suwandi,Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah, Surakarta: Yuma Pustaka
Tarigan. 2012. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams GamesTournament terhadap hasil belajar IPA Fisika di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Wisnu D. Yudianto. 2021. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Bdelajar Siswa SMK 1 Cimahi. Di akses. 20 Januari 2022. Pukul : 17.06 WIB. UPI Bandung, https://www.researchgate.net/publiotional/334090101 (TGT) Untuk Meningkatkan Bdelajar Siswa SMK 1 Cimahi. Di akses. 20 Januari 2022. Pukul : 17.06 WIB.
Published
2023-04-24
How to Cite
Gofur, M., & Alfiyah, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV A DI MI AL HUDA RAWASAPI KABUPATEN BEKASI. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 27-36. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.152