PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN INTELLEGENCE QUOTIENT (IQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PAI dalam mengembangkan IQ dan SQ siswa di SDIT Al – ‘Arabi Cikarang Barat. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif murni dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan melakukan wawancara secara terbuka dengan 6 orang Guru PAI. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran Guru PAI dalam mengembangkan IQ dan SQ siswa sangat berpengaruh sehingga anak-anak secara bertahap mampu berubah menjadi lebih baik yang didasarkan sesuai dengan syariat agama untuk melaksanakan kewajibannya. Adapun faktor pendukund dan penghambat yang mempengaruh perkembangan IQ dan SQ siswa terdiri dari Faktor Internal dan Faktor Eksternal siswa itu sendiri.
References
Budiman, Arief. 2005. Panduan Praktis mengetes IQ anak anda. Bandung: ALFABETA.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta
Emzir. 2016. Metodologi Ppenelitian Kualitatif Analisis Data. Cet.5. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hawi, Akmal. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Depok: PT Rhargrafindo Persada.
Hidayatullah, Muhammad. Azhar Haq, dkk. 2019. Peran Guru PAI dalam membentuk Kecerdasan Intelektual dan Spiritual siswa di MTs Probolinggo. (Karya Tulis Ilmiah Jurnal). Malang: VICRATINA.
Kartoyo, H. 2019. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Al-Kasyaf.
Ma’rufah, F.S. 2017. Analisis Pengaruh IQ, SQ, dan EQ terhadap kinerja karyawan Puskesmas Balerejo kab.Madiun. (Karya Tulis Skripsi) Madiun : Central Library OF Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.
Muhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hlm.229.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. hlm.17
Pradana, I.P. 2017. Peran Guru PAI dalam mengembangkan Kecerdasan Spiritual pada siswa kelas XI IPS. Vol.1.No.1 September 2017
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.cv
Sumarno. 2016. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun Karakter Peserta Didik.Jurnal Al Lubab. Vol.1.No.1.
Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.
Widodo . 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap kinerja Karyawan Kantor Wilayah BANK BRI. Manado: Jurnal Emba, Vol.2.
Tim Penyusun Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2019 Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah
Copyright (c) 2022 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.