Pendidikan Sosiality Nabi Muhammad : Pondasi Moderasi Beragama di Era Modern

  • Silmi Afifah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Farah Qotrun Nada Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Muhammad Syafi' Hifdzi Haq Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Amelya Agustin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mohammad Syaifuddin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Pendidikan Sosiality, Nabi Muhammad, Moderasi Beragama, Era Modern

Abstract

Fenomena meningkatnya intoleransi, polarisasi sosial, dan degradasi nilai kemanusiaan di era modern menjadi tantangan serius bagi pendidikan Islam. Pendidikan sosiality Nabi Muhammad Saw. menawarkan model pendidikan berbasis nilai-nilai sosial profetik yang berorientasi pada keseimbangan dan harmoni sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sosial kenabian yang dapat dijadikan landasan konseptual dan praksis dalam memperkuat moderasi beragama di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan terhadap literatur tafsir, hadis, serta kajian pendidikan Islam klasik dan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan sosiality Rasulullah menekankan nilai tasamuh (toleransi), ta‘awun (kerjasama), dan rahmah (kasih sayang), yang diimplementasikan melalui keteladanan, pembiasaan, dan interaksi sosial lintas kelompok. Nilai-nilai tersebut terbukti efektif dalam membangun karakter moderat dan menumbuhkan semangat keberagamaan yang inklusif. Dengan demikian, pendidikan sosiality Nabi Muhammad Saw. dapat dijadikan paradigma pendidikan karakter profetik yang relevan untuk memperkuat moderasi beragama di tengah masyarakat digital dan multikultural masa kini.

References

Agus Mufaridah, Hawwin Huda Yana, A. M. (2025). Konsep Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam (Studi Literatur atas Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis). Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 222–232. https://doi.org/10.55681/jige.v5i3.3229

Arifin, B., & Huda, H. (2024). Moderasi Beragama sebagai Pendekatan dalam Pendidikan Islam Indonesia. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2464

DALAM PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN Judul Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif al- Qur ’ an. (n.d.).

Fransistyawan, R. (2023). Penerapan Nilai-nilai Akhlak Tasamuh dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah di Sekolah Dasar Katolik ST Yusuf Desa Sukoreno Umbulsari Jember.

Hasan, R. (2023). Pendidikan Moderisasi Beragama Dalam Perspektif. 11(November 2022), 35–45.

Khoiruddin, M. (2018). Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid dalam perspektif Al-Qur’an. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 73. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1141

Luqmanul Hakim Habibie, M., Syakir Al Kautsar, M., Rochmatul Wachidah, N., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 121–150.

Pangeran, G. B., Zumaro, A., & Khusnadin, M. H. (2025). Pendidikan Sosial Berbasis Islam: Pendekatan Terpadu dalam Membangun Karakter dan Persatuan Masyarakat. Journal of Education Research, 6(1), 61–69. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2177

Rozaq, M. K., Anhar, S. H., & Miftah, M. (2024). Implementasi Kebijakan Moderasi Beragama terhadap Harmoni Pendidikan Islam di SMAN 1 Bae Kudus. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 5(2), 101–114. https://doi.org/10.18196/jpk.v5i2.20682

Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.43544
Published
2025-10-31
How to Cite
Afifah, S., Nada, F. Q., Hifdzi Haq, M. S., Agustin, A., & Syaifuddin, M. (2025). Pendidikan Sosiality Nabi Muhammad : Pondasi Moderasi Beragama di Era Modern. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 91-99. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i2.965