https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/issue/feed El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 2023-11-23T18:54:18+07:00 Muhamad Abdul Gofur, Lc., MA. abdul.gofur@staibanisaleh.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/156 HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI AL QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS 2023-11-23T18:54:17+07:00 Ilham Ilham Jaya ilhamjaya185@gmail.com Sri Raharjo Saptono Putro srsaptonoputro@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi Al Qur’an dengan karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Bani Saleh yang diambil sebanyak 100 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri dari: variabel kemampuan literasi Al Qur’an menggunakan tes unjuk kerja, sedangkan karakteristik religius menggunakan kuesioner dengan skala <em>likert</em>. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi &nbsp;48,329 + 0,432X, artinya semakin tinggi kemampuan literasi Al Qur’an yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin tinggi karakter religius mahasiswa. Hasil analisis korelasi dengan uji r <em>product moment </em>diperoleh nilai r<sub>­hitung </sub>0,696 &gt; r<sub>tabel </sub>0,194, maka Ho ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Nilai r<sub>hitung</sub> sebesar 0,696 masuk dalam kategori hubungan yang kuat. Hasil uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> 9,601 &gt; t<sub>tabel </sub>1,98. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,485 menunjukkan bahwa 48,5% variasi yang terjadi dalam karakter religius dapat dijelaskan oleh kemampuan literasi Al Qur’an, sedangkan sisanya sebesar 51,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan literasi Al Qur’an dengan karakter religius mahasiswa.</p> 2023-11-23T17:10:49+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/128 METODE GURU DALAM MEWUJUDKAN GENERASI HAFIZH QUR’AN DAN BERAKHLAK MULIA 2023-11-23T18:54:17+07:00 Tahnia Mafatihul Khairah tahniamafatihul@gmail.com Muhiddinur Kamal muhiddinurkamal@gmail.com Ayu Putri Ningsih ayuputriningsih010195@gmail.com <p>Mendidik generasi muda untuk cinta kepada Al-Qur’an menjadi tanggung jawab setiap orang tua muslim. Maka dari itu kecintaan pada Al-Qur’an harus ditanamkan pada diri anak sejak dini. Untuk hal tersebut seorang pendidik harus memiliki cara dan metode supaya bisa mewujudkan generasi Qur’ani yang berakhlak mulia. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif, yang mana penulis mengidentifikasi masalah melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang guru, 35 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa untuk mewujudkan generasi yang Sholeh, Hafizh dan berprestasi maka diperlukan seorang guru yang professional. Guru dikatakan professional apabila dapat memenuhi 4 kompetensi yaitu: kompetensi pedagogic, personal, sosial dan professional. Untuk membina akhlak yang mulia ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan diantaranya : metode keteladanan, pembiasaan, memberi Nasihat, motivasi dan intimidasi, persuasi dan metode kisah. Untuk menghafal Al-Qur’an metode yang bisa digunakan yaitu : metode wahdah, kitabah, sima’i, gabungan, jama’i.</p> 2023-11-23T17:20:26+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/154 KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK TAMAN RIMBO JAMBI 2023-11-23T18:54:17+07:00 Siti Fitriah sitifitriah2303@gmail.com Aprilia Kartika Putri sitifitriah@unja.ac.id <p>Maraknya penggunaan bahasa asing serta kesalahan ejaan penulisan bahasa Indonesia di ruang publik menunjukkan bahwa bahasa Indonesia jauh dari kata martabat. Pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik perlu diperkuat, mengingat bahasa Indonesia merupakan suatu identitas yang menunjukan jati diri bangsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada ruang publik di Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi. Hal ini menarik untuk diteliti karena kebun binatang tersebut dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat. sehingga, penelitian ini juga dapat dijadikan sebuah rujukan untuk mengetahui bagaimana potret penggunaan bahasa Indonesia di ruang lingkup pemerintahan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik turunan dari metode simak milik Mahsun (2017) yaitu teknik simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan yaitu teknik foto. Hasil data menunjukkan bahwa penggunaan ejaan bahasa Indonesia di ruang lingkup pemerintah perlu diperkuat, karena masih terdapat beberapa kesalahan, seperti penulisan bahasa asing, penggunaan kata depan ‘di’, penggunaan tanda baca, penulisan kata baku, serta penulisan kalimat.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-11-23T17:33:45+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/155 THE USE OF MUSIC AUDIO MEDIA (SONGS) IN LEARNING ARABIC AT SDS IT AL-AZHAR PLERED 2023-11-23T18:54:17+07:00 Dede Rizal Munir derizalmunir@gmail.com maftuhah maftuhah maftuhahfiqq10@gmail.com <p><em>This research is motivated by the large number of students who think that learning Arabic tends to be boring. Thus, the role of learning media is needed by educators and students so that a teaching and learning process can be carried out more easily to understand the material, and foster students' learning interest. The use of songs in simple language in learning Arabic will help students understand the material easily. This study aims to determine and identify the effect of using song media in learning Arabic at SDS IT Al-Azhar Plered. The method used in this research is qualitative by way of observation, interviews. Data was collected through observation techniques, interviews with Arabic subject teachers and also with students. The results showed that Arabic learning activities using songs in Arabic learning at SDS IT Al-Azhar Plered had a big impact on students, namely making it easier for students to understand by singing while learning</em></p> <p>&nbsp;</p> 2023-11-23T17:36:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/158 PENGARUH PARTISIPASI PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA SEJAHTERA PARE 2023-11-23T18:54:17+07:00 Nadiah Nadiah nadia.uislamjakarta@gmail.com Maria Ulfah nadia.uislamjakarta@gmail.com Putri Salsabil nadia.uislamjakarta@gmail.com Dhya Rahma Suci Mulya nadia.uislamjakarta@gmail.com Diva Ahda Fadhla nadia.uislamjakarta@gmail.com Siti Kholidatun Najah nadia.uislamjakarta@gmail.com Muhammad Denni Chandra nadia.uislamjakarta@gmail.com Rahman Sigit Magistrianto nadia.uislamjakarta@gmail.com <p><em>Educators have a very close relationship with students in the learning process in class. In learning in the classroom the educator is the party who can supervise all student activities, thus the character of students can be formed with the participation of educators in learning. This study aims to determine whether or not there is an influence of educator participation in shaping the character of students in MA Sejahtera Pare. The method used in this study is correlation with a quantitative approach, sampling is done with the slovin formula using the Accidental Sampling method, with a total of 35 students as respondents. Data collection techniques with questionnaires and interviews. The results of the study show that there is an influence of educator participation in shaping the character of students, seen from the Product Moment coefficient test it produces "????????????" or "????????" with a value of 0.441, this is greater than "????????" at a significant level of 5% = 0.344 and significant 1% = 0.442. Thus it can be seen that "????????" &gt; "????????" either at the 5% or 1% level. Then the Alternative Hypothesis (Ha) is accepted or approved, while the Null Hypothesis (Ho) is rejected or not approved. Based on the numbers that the author put forward, there is an influence of educator participation in shaping the character of students. If educators can guide and model good and correct behavior and are supported by other factors, then this can help students in the process of forming the right character.</em></p> 2023-11-23T18:52:54+07:00 ##submission.copyrightStatement##