PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDIT ATSSURAYYA BEKASI
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Data yang diperoleh oleh peneliti melalui angket, dan tes. Data tersebut diambil dari penelitian yang dilakukan di kelas IV SDIT Atssurayya Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar di SDIT Atssurayya Bekasi. Penelitian kuantitatif dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Atssurayya Bekasi dengan jumlah peserta didik sebanyak 750 siswa dan 51 tenaga pendidik serta beberapa staf dan karyawan. Penelitian di sekolah ini dilakukan dengan metode eksperimen yang dimana peneliti melakukan penelitian didua kelas yaitu, kelas eskperimen dan kelas kontrol dan kegiatan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai September 2021 dengan mendapatkan hasil penelitian, data-data yang dibutuhkan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh skor rata-rata postest kelas eksperimen 25, lebih tinggi dari skor rata-rata postest kelas control. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa α = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel (2,400 > 2,093), hal ini menunjukkan maka ???????? ditolak dan ????1diterima. Dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT Atssurayya Bekasi sebesar 8,5% dan 91,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Cahyono, Andri Dwi. Skripsi. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Jurusan Tadris Matematika (TMT) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Efendi, Fitri Mares. Skripsi. 2015.Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Gugus 1 Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul Yogyakarya. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Efendi Ramlan. 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan MatematikaVolume 2 Nomor 1. Diakses : 4 Juni 2021. https://core.ac.uk/download/pdf/234028804.pdf html
Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences. Jakarta: Daras Books.
Ikrima. Skripsi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Strategi Course Review Horay Pada Pembelajaran Ipa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Iii Mi Mazra’atul Ulum 01 Lamongan. Surabaya. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Karwono, dan Achmad Irfan Fauzi. 2020. Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.
Krobo, Andrianus. 2014. Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Diakses. 29 April 2021.
https://media.neliti.com.html
Kumala, Farida Nur. 2016.Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Penerbit Ediide Infografika.
Marjuki, Agustina. dkk. 2020. Praktikum Statistik. Malang: Ahlimedia Press.
Marlina Eka. Skripsi. 2018. Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Tadris Institus Agama Islam Negeri Bengkulu.
Mas’ud, Abdurrahman. 2020. Paradigma Pendidikan Islam Humanis.Yogyakarta: IRCiSoD.
Mujib, Abdul dkk. 2002. Nuansa-Nuansa Psikologi Islami. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurul F. 2018. Hakikat Pembelajaran IPA. Diakses : 2 Juni 2021. http://repository.radenintan.ac.id/3025/4/BAB_II_FIX.pdf.html
Rohmiani,Alfiana. Skripsi. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Remaja di MTsN 6 Tulungagung. Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Samatowa Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Shihab, M Quraish dalam Aiman. 2003. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D..Bandung:Alfabeta.
Surya, Damies.2017.Modul Statistika Pendidikan.Tanggerang : UNPAM PRESS.
Tridhonanto, Al dkk. 2010. Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Copyright (c) 2022 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.