STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
tentang pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di SDIT Labschool Al Fatah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kisi-kisi pedoman wawancara, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Responden utama adalah guru kelas I-VI SDIT Labschool Al Fatah. Teknik analisis data data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I-VI SDIT Labschool Al Fatah sudah cukup baik dan guru pun cukup memahami mengenai strategi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik dan mendapat respon positif dari siswa. Stategi pendidikan katakter pada pembelajaran tematik dapat diterapkan dengan efektif. Dengan demikian, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik sangat bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan siswa.
References
Astuti, Fuji. 2019. Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Peserta didik di SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung
Cahyono, Heri. 2016. Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. https://core.ac.uk/download/pdf/235260748.pdf
Fitriani, Muzaik Laili. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik di kelas IV MI Ma'arif Kumpulrejo.
Fitriani Sefida. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Dalam Membentuk Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Siswa.
Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah. http://ejournal.radenintan.ac.id.
Jumiati. 2018. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pemebelajaran Tematik.
Lickona, Thomas. 2012. Education For Character. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Okdwiana, Reni. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di MI Ma'rif NU Beji Kedungbanteng-Banyumas.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu . Jakarta: Prenanda Media.
Permendiknas No.22. 2006. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com
Pemendikbud No 67. 2013. https://idih.kemendikbud.go.id.
Rosiah. 2009. strategi pengembangan kemampuan berbicara di RA. Nurul Fatah.
Dina. Ferisa. dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar . PT Remaja Rosdakarya.
Sofisyari, Irma. 2020. Implemntasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Kota Semarang.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Suhendra, Ade. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI. Jakarta:Prenanda Media Group.
At-Taubany, Trianto dan Suseno.Hadi. 2017. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter . Jakarta: Prisma Pustaka.
Wiyani, Novan. Ardy. 2013. Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Copyright (c) 2022 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.