Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palembang: Sebuah Studi Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Berbasis Cinta pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palembang melalui metode literature review. Kurikulum Berbasis Cinta merupakan inovasi pendidikan yang menempatkan nilai kasih sayang sebagai landasan utama dalam pembelajaran, dengan fokus pada lima pilar cinta yaitu cinta kepada Tuhan, ilmu pengetahuan, lingkungan, sesama, dan tanah air. Studi ini mengumpulkan dan menganalisis sepuluh artikel relevan yang membahas konsep, strategi implementasi, tantangan, serta dampak penerapan kurikulum tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kurikulum Berbasis Cinta mampu meningkatkan motivasi belajar, kedisiplinan, dan suasana kelas yang kondusif serta menguatkan pengembangan karakter siswa. Namun, implementasi kurikulum ini menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan pelatihan dan penyediaan sumber belajar untuk mengoptimalkan penerapan Kurikulum Berbasis Cinta. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis kasih sayang di madrasah.
References
Cantika, I., Supawi, M., & Hasbullah. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Kelas XI MAN 2 Langkat. Journal Millia Islamia, 266–276.
Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, & Kementerian Agama. (2025). Panduan Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah.
Elhefni, E., Alihawanah, Syarifuddin, A., Handayani, T., Nurlaeli, Hamzah, A., Husni, M., Dwi Saputra, A., Safitri, R.,
& Fadhilah, D. P. A. (2024). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kearifan Lokal Sedekah Pedusunan. Taawun, 4(01), 66–77. https://doi.org/10.37850/taawun.v4i01.596
Gleibermann, E. (2016). A Curriculum of Love. Tikkun, 31(4), 54–57. https://doi.org/10.1215/08879982-3676912
Hapsari, R. (2022). Peran guru dan motivasi siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran.
Idris, S., & Adawiah, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia.
Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 19(1), 30–43. https://doi.org/10.32923/taw.v19i1.4512
Ifendi, M. (2025). Kurikulum Cinta: Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Kasih Sayang Di Madrasah. As-Sulthan Journal Of Education, 1(4), 698–711. https://ojssulthan.com/asje
Istianingrum, R., & Hidayat, M. T. (2023). Wajah Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Indonesia : Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. JURNAL TARBIYAH, 30(1), 53–63. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2424
Karim, H. A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 2(2), 45–56. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.175
Kementerian Agama Rebuplik Indonesia. (2025a). KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 6077 TAHUN 2025 TENTANG PANDUAN KURIKULUM BERBASIS CINTA.
Kementerian Agama Rebuplik Indonesia. (2025b). Tantangan Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta.
Kuswanto, W. (2025). Integrating the “Curriculum of Love” into English Language Education. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 99–110. https://doi.org/10.38073/jimpi.v4i2.3250
Laili, M. I. (2024). Implementasi Kurikulum Cinta dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah.
Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Maggalatung, A. S. (2025). Love as the Main Spirit in Indonesia’s Education System. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mochammad Ramdan Samadi, & dkk. (2025). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH.
Qamariah, Z., & Anwar, K. (2025). Analisis Konseptual Kurikulum Cinta: Pendekatan Humanistik dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2). https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/index
Qathrun Nada, Z., & Listiana, H. (2025). Analisis Kesiapan Guru Madrasah dalam Insersi Kurikulum Cinta. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 385–400. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19188
Rogers, C. R. (1961). On Becoming a Person: A Therapist’s View of Psychotherapy. Houghton Mifflin. https://books.google.co.id/books?id=DO8HDFxTqO0C
Romalina, H. (2025). Kurikulum Berbasis CInta Madrasah Jadi Fondasi Karakter dan Kompetensi Global. Pedis (Kemenag).
Sari, W. D. (2025). The Love Curriculum Approach in Overcoming Learning Loss in Primary and Secondary Schools: A Review of the Literature and Implications of Islamic Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 4, 71–80. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v4i1.94
Sekarinasih, A. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. J-PGMI : Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 235–246.
Supendi, P. (2025). Kurikulum Cinta: Menumbuhkan Kepedulian dan Toleransi dalam Pendidikan. IN Sunan Gunung Djati Bandung.
Syaripudin, A., Sukiman, & Hasna, R. (2025). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cinta Kemenag: Strategi Integratif dalam Pendidikan Karakter dan Spiritual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 288–299.
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








