Integrasi Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Filsafat Ilmu Sebagai Strategi Pedagogis Untuk Mencerdaskan Moral Dan Intelektual Peserta Didik
Abstract
Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam pembentukan moral dan intelektual peserta didik. Namun, masih diperlukan strategi pedagogis yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai karakter dengan pemikiran kritis dan reflektif. Pendekatan filsafat ilmu dianggap sebagai landasan konseptual yang potensial dalam mengembangkan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi pendidikan karakter dengan pendekatan filsafat ilmu sebagai strategi pedagogis guna meningkatkan kecerdasan moral dan intelektual peserta didik. Metode kajian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik melalui studi kepustakaan yang mendalam, mengkaji berbagai literatur relevan tentang pendidikan karakter, filsafat ilmu, dan strategi pedagogis. Hasil studi menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter dengan filsafat ilmu memperkuat fondasi moral sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan reflektif. Pendekatan ini juga meningkatkan kesadaran moral dan kreativitas intelektual peserta didik serta mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Integrasi ini bukan hanya strategi alternatif, melainkan kebutuhan strategis dalam pendidikan untuk memastikan pembentukan peserta didik yang utuh secara moral dan intelektual.
References
Achmad Rasyid Ridha, Muhammad Alfan Bahij, Azhar Nurachman, and Rizka Setiawan. 2025. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Berbasis Nilai Afektif Dan Psikomotorik : Tantangan Dan Peluang.” RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan 3(1): 245–54. doi:10.62383/risoma.v3i1.565.
Damsa, Berezira. 2023. “Optimizing Pedagogical Strategies in Management Education: A Comprehensive Analysis of Innovative Approaches and Student Learning Outcomes.” Journal Educational Verkenning 4(4): 19–24. doi:10.48173/jev.v4i4.248.
Davson-Galle, Peter. 2004. “Philosophy of Science, Critical Thinking and Science Education.” Science & Education 13(6): 503–17. doi:10.1023/B:SCED.0000042989.69218.77.
Eustáchio, Erica Aleixo, Alcione Maria da Silva Oliveira Dos Anjos, Rosemeri Liborio Ferreira Batista, Evelin de Souza Gomes Marvila, Edilany Bravin Da Silva, Alessandro Alves Costa, Francisco Carlos Souza Da Silva, and
Fabiana Flaviana dos Santos Barreto. 2024. “PEDAGOGICAL STRATEGIES TO ENHANCE THE DEVELOPMENT OF STUDENTS WITH LEARNING DIFFICULTIES.” REVISTA FOCO 17(2): e4402. doi:10.54751/revistafoco.v17n2-045.
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et.al. 2022. Rake Sarasin Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en.
Galela, Afrizal. 2024. “THE URGENCY OF MORAL VALUES IN THE FORMATION OF INTELLECTUAL CHARACTER.” Abjadia : International Journal of Education 9(2): 327–32. doi:10.18860/abj.v9i2.27669.
Gottlieb, Eli. 2007. “Learning How to Believe: Epistemic Development in Cultural Context.” Journal of the Learning Sciences 16(1): 5–35. doi:10.1207/s15327809jls1601_2.
Hermawan, Ruswandi, and Sofiani Kusniasari. 2023. “Developing Strong Moral Values: Integrating Value and Character Education in Educational Context.” International Journal of Research and Scientific Innovation X(IX): 01–05. doi:10.51244/IJRSI.2023.10901.
Huda, Syamsul, Muhamim Sarifudin, Munifah Munifah, Anis Humaidi, Saifullah Idris, and Mawardi Mawardi. 2022. “The Concept of Character Learning: A Comparative Study of Al-Ghazali and Thomas Lickona’s Perspectives.” DAYAH: Journal of Islamic Education 5(1): 35. doi:10.22373/jie.v5i1.11974.
Iqbal, Nurjannah, Syafriadi, Yuni Saputri, Nurdiana, and Suci Mauliza. 2025. “Penguatan Karakter Siswa Di Era Society 5.0 Untuk Mewujudkan Generasi Cerdas Dan Berintegritas.” Beujroh : Jurnal Pemberdayaan dan Pengabdian pada Masyarakat 3(1): 10–16. doi:10.61579/beujroh.v3i1.259.
Kim, Jihyeon, and Jeffrey Loewenstein. 2021. “Analogical Encoding Fosters Ethical Decision Making Because Improved Knowledge of Ethical Principles Increases Moral Awareness.” Journal of Business Ethics 172(2): 307–24. doi:10.1007/s10551-020-04457-w.
Mr. Akshay Raj. 2019. Pedagogy of Learning: Strategies for Effective Teaching. INFINITY PUBLICATION. doi:10.25215/9189860837.
Muhammed-Shittu, Abdul-Rahman Balogun. 2021. “A Study of Philosophical Theory and Educational Science of Insights on Ethics, Values, Characters, and Morals Rooted into the Islamic and Contemporary Western Perspectives.” Journal of History Culture and Art Research 10(3): 47–58. doi:10.7596/taksad.v10i3.3090.
Murdiyanto, Eko. 2020. Yogyakarta Press Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.
Nasrudin, Dindin, Chaerul Rochman, Ara Hidayat, and Rahayu Kariadinata. 2017. “How to Integrate Character Education in Science Learning?” In 2nd International Conference on Sociology Education, SCITEPRESS - Science and Technology Publications, 215–19. doi:10.5220/0007095702150219.
Nur, Rahmat, . Suardi, . Nursalam, and Hasnah Kanji. 2021. “Integrated Model of Character Education Development Based on Moral Integrative to Prevent Character Value Breaches.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13(1): 107–16. doi:10.35445/alishlah.v13i1.272.
O’sullivan, Sheryl. 2005. “The Soul of Teaching: Educating Teachers of Character.” Action in Teacher Education 26(4): 3–9. doi:10.1080/01626620.2005.10463338.
Sari, Ambar, and Agus Wahyu Triatmo. 2024. “Relasi Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan Dan Realisasinya Di Era Super Smart Society.” TSAQOFAH 4(6): 4265–75. doi:10.58578/tsaqofah.v4i6.4188.
Siregar, Hapni Laila, and Ramli Ramli. 2020. “DEVELOPMENT OF INTEGRATED CHARACTER EDUCATION MODELS IN PAI LEARNING AT UNIVERSITY.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 9(1): 116–29. doi:10.29313/tjpi.v9i1.6339.
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Tiara Ramadhani, Danar Widiyanta, Yena Sumayana, Rengga Yudha Santoso, Puspita Dian Agustin, and Al-Amin. 2024. “The Role Of Character Education In Forming Ethical And Responsible Students.” IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education) 5(2): 110–24. doi:10.37567/ijgie.v5i2.3064.
Uslan, Uslan, Muhiddinur Kamal, Zulfariati Zulfariati, Nurjanah Nurjanah, and Muhammad Nur Abdillah. 2024. “Innovative Pedagogical Approaches in 21st Century Education: A Study on Collaborative Learning Models.” The Journal of Academic Science 1(8): 1113–20. doi:10.59613/bebvd704.
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu, and Muhammad Sarjan. 2023. “The Philosophy of Critical Thinking in Problem-Based Science Learning.” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram 11(4): 992. doi:10.33394/j-ps.v11i4.9101.
Yusuf, Ode Yahyu Herliany, Feni Aprianti, Dian Mayasari, Satriwati Satriwati, and Waode Erma Balula. 2023. “Educator and Student Interaction in a Classroom Learning Atmosphere.” AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2(1): 511–14. doi:10.57235/aurelia.v2i1.309.
Yuyung, Andi, Syamsu Kamaruddin, Abdullah Sinring, and Lutfi Lutfi. 2024. “Harmonization of Science and Ethics in Creating Learning Oriented Towards the Improvement of Student Character.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 30(2): 277. doi:10.30587/didaktika.v30i2.9007.
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








