Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas Ia Mi Nurul Anwar Kota Bekasi

  • Suryani Kartika
  • Muhammad Samsul Khaeri
Keywords: Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Kosakata, Bahasa Inggris.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Anwar Kota Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode bernyanyi. Jumlah siswa yang diteliti yaitu 36 siswa dengan 21 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar kosakata bahasa inggris pada siswa kelas IA MI Nurul Anwar Kota Bekasi. Dikarenakan siswa masih kesulitan dalam hal mendengarkan, membaca, menulis, berbicara kosakata bahasa inggris oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar kosa kata bahasa inggris melalui metode bernyanyi yang disenangi siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan empat kali tindakan penelitian. Dengan kriteria ketuntasan ≥ 75%. Hasil yang diperoleh pada prapenelitian 33,97%, siklus I 58,22%, siklus II 78,38%. Dengan demikian ini maka dikatakan telah berhasil pada siklus ke II. Dengan demikian penelitian ini dapat dinyatakan bahwa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris pada siswa kelas IA MI Nurul Anwar Kota Bekasi.

References

Andriyansyah, A. (2019). Penanaman Toleransi Agama Pada Diri Anak Melalui Doktrin Sejarah Kebudayaan Islam (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MI HIDAYATUL AHBABINA, SETU, BEKASI). EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(02), 121-126.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Sinar Grafika.
Buasim. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris. Tanerang Selatan. Universitas Terbuka
Departemen Agama. (2000). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung : CV. Diponegoro
Kasihani K.E. Suyanto. (2015). English For Young Learners. Jakarta. Bumi Aksara
Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya
Nurhid. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Samuel. (2013). Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Andi Offset
Published
2020-08-01
How to Cite
Kartika, S., & Khaeri, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas Ia Mi Nurul Anwar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 93-102. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.58