EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PRAKTEK MANASIK HAJI PADA PELAJARAN PAI

  • Yanti Susanti Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Manasik Haji, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap ibadah haji dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya bagi siswa yang belajar tentang praktik manasik haji. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ibadah haji melalui pendekatan yang interaktif dan langsung. Penelitian dilakukan di PKPPS Ulya Minhajurrosyidin Jakarta Timur pada siswa kelas X, dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental) dengan model one group pre-test post-test. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peningkatan pemahaman siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan melibatkan serangkaian simulasi langsung dari rangkaian manasik ibadah haji, termasuk penggunaan media seperti miniatur Ka'bah, video simulasi, dan replika peralatan untuk melontar jumrah. Penelitian ini juga melibatkan penyesuaian ruang kelas dengan kondisi nyata di tanah suci dan penggunaan kostum ihram, untuk menciptakan pengalaman belajar yang autentik dan realistis bagi siswa. Data dikumpulkan melalui tes yang dilakukan sebelum dan setelah demonstrasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang ibadah haji. Rata-rata skor post-test siswa meningkat sebesar 29,31% dibandingkan dengan hasil pre-test, menunjukkan bahwa siswa mampu memahami setiap tahap ibadah haji secara lebih mendalam setelah mengikuti metode demonstrasi. Hasil ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi sangat efektif dalam pembelajaran praktik manasik haji, memungkinkan siswa untuk mengalami langsung dan memahami dengan lebih baik ritual-ritual yang diajarkan. Oleh karena itu, metode ini layak dipertimbangkan sebagai pendekatan yang efektif dalam pembelajaran PAI, khususnya pada materi ibadah haji.

References

Akbar, F. M. A. (2017). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Snowball Throwing. Surya Edunomics, 1(1), 38–42.

Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511.

Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah, 17(01), 61–72.

Choliq, A. (2018). Esensi Program Bimbel Manasik Haji Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 29.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Hakim, M. L., Devi, S., & Suprayit, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Teks Deskripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 325–332.

Hartono, B. D., & Akbar, F. M. A. (2023). The Advantages of Muvon Ecosystem For The Quality of Practicum of SMK Students in Distance Learning: Case Study of Muhammadiyah SMK in Jakarta. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 3(3), 753–762.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203.

Hijriyyah, N. (2019). “Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah Jamaah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukamara Tahun 2019.” In Jurusan Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah (Vol. 3, Issue 1, pp. 18–23). Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif …. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42602

Ilmiyah, L., Khotimah, H., Aryani, N. R., & Ps, A. M. B. K. (2021). Problematika Pembelajaran PAI Di Daerah Terpencil: Studi Atas Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 31–40.

Muharomah, N. I., & Sahlan, M. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Mengembangkan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 1(1), 1027–1037.

Rohman, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Melalui Kunjungan Perpustakaan dan Lingkungan Riil Pada Pelajaran Fikih di Kelas VI MI Raudlatul Mubtadiin Ketapang Sampang. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 143–157.

Rokhimah, R. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Ma’arif NU Langkap. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 56–69.

Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 190–206.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.
Published
2024-10-30
How to Cite
Susanti, Y. (2024). EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PRAKTEK MANASIK HAJI PADA PELAJARAN PAI. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(02), 65-78. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i02.301