Layanan Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual Pada Proses Pembelajaran Konseling

  • Sri Nurdiyati SMKN 2 Kota Tegal
Keywords: motivasi belajar; layanan informasi bimbingan dan konseling; media audio visual.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan informasi pada kelas XI Akuntansi 2 dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi 2 berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 1 peserta didik laki-laki dan 29 peserta didik perempuan. Metode pengamatan dengan menggunakan lembar observasi peserta dan skala motivasi belajar peserta didik. Untuk menganalisis data digunakan metode analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa motivasi belajar peserta didik dengan layanan informasi melalui media audio visual peserta didik kelas XI Akuntansi 2 mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti layanan informasi pada pra siklus adalah sebanyak 0 %, 36,25% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II.  Saran bagi guru hendaknya menjadikan pertimbangan atas pemanfaatan media layanan informasi menggunakan audio visual dan peralatan yang diberikan sekolah guna meningkatkan motivasi belajar Peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah serta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara optimal.

References

Arikunto, Suharsimi, 2011. Penelitian dan Penilaian Bidang Bimbingan dan Konseling Yogyakarta: Aditya Media
Asyar. 2011. http://digilib.unila.ac.id/3817/17/BAB%20II.pdf (download tanggal 09 Maret 2016)
Daryanto. 1993. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Bandung: Tarsito
DEPDIKNAS.Ditjen PMPTK.2007. Rambu rambu penyelenggaraan bimbingan dan Konseling dalam jalur Pendidikan formal. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 1999. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta
Higlard Ernest. H. http://www.widhieaprillia.blogspot.co.id/p/blog-page16.html (download 09 maret 2016).
Maragiyati, 2014. Meningkatkatkan aktifitas dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal denganmenggunakan media powerpoint pada pesera didik kelas X AP 2 UPTD SMK N 2 Tegal semester 2 tahun 2014/2015.PTBK. Kota Tegal
Mugiharso, Heru. 2004.Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES PRESS
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Sutoyo Anwar.2014. Pemahaman Individu edisi refisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumarti. 2014. Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Tesis. Universitas lampung. http://www.novapdf.com/ (download 18 September 2016)
Triyono, dkk. 2014. Materi Layanan Klasikal BK Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra Publishing
Yusuf.S. 2011. Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT remaja Rosdakarya. Bandung
Widiasmoro Erwin. 2015. Kiat sukses membangkitkan motivasi belajar Peserta didik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Winkel dan Hastuti, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jogjakarta: Media Abadi
Published
2019-10-24
How to Cite
Nurdiyati, S. (2019). Layanan Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual Pada Proses Pembelajaran Konseling. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 103-109. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i2.30