Implementasi Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa

  • Muhamad Abdul Gofur STAI Bani Saleh
  • Sherly Febriyanti STAI Bani Saleh Bekasi
Keywords: Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Karakter Disiplin, Kolaborasi Sekolah-Keluarga, Pendidikan Karakter, Studi Kasus Kualitatif

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (P7KAIH) dalam membangun karakter disiplin siswa di SD Rawaterate 01 Jakarta Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi terhadap guru dan tenaga kependidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa P7KAIH telah terintegrasi dalam rutinitas harian sekolah dan dipantau menggunakan jurnal. Pemahaman guru terhadap program ini positif, dan kolaborasi dengan orang tua telah terjalin. Keberhasilan program tercermin dari peningkatan kedisiplinan waktu dan kehadiran siswa. Kendala utama berasal dari variasi dukungan keluarga dan masa transisi siswa usia dini. Solusi yang diterapkan berupa bimbingan berulang, sosialisasi intensif, dan pemantauan via jurnal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun program berkontribusi positif, efektivitasnya dapat ditingkatkan melalui penguatan sistemik peran orang tua, pengembangan instrumen pemantauan yang lebih beragam, dan pelatihan guru yang berkelanjutan. Rekomendasi difokuskan pada sinergi sekolah-keluarga yang lebih kuat dan evaluasi program secara berkala.

References

Afia, S., & Malik, L. R. (2024). Kolaborasi Antara Orang Tua dan Guru dalam Model Pengasuhan Berbasis Pendidikan di PAUD.Educasia : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i1.267

Bakri, F., Halim, A., Hasbi, M., & Halim, N. M. (2024). Exploring the influences of surrounding environments on students’ habits.Edulite: Journal of English Education, Literature, and Culture. https://doi.org/10.30659/e.9.2.135-151

Bancin, N. Z., Salam, R. P., Puspita, M. T., Winata, C., & Baihaqi, F. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Karakter di Sekolah.Jurnal Faidatuna. https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.230

Barokati, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Jurnal Harian Siswa Terhadap Peningkatan Pembiasaan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV.Deleted Journal. https://doi.org/10.62385/budimul.v1i1.96

Berlianti, S. A., Fuat, F., Afifah, A., & Nisa, C. (2025). Analisis Langkah Kecil, Berdampak Besar Melalui 7 Kebiasaan Anak Hebat Indonesia.Jurnal Ilmiah Bio Smart. https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.5090

Davidson, C., Shing, Y. L., McKay, C., Rafetseder, E., & Wijeakumar, S. (2023). The first year in formal schooling improves working memory and academic abilities.Developmental Cognitive Neuroscience. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2023.101205

Habiburrahim, M., Auni, L., Hafidhah, & Trisnawati, I. K. (2022). Integrating English Subject Materials into Islamic Boarding School Curriculum Context: Insights from Aceh, Indonesia.Studies in English Language and Education. https://doi.org/10.24815/siele.v9i2.23279

Haidir, M., & Arizki, M. F. (2021). AN INNOVATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN THE ERA OF THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 IN ELEMENTARY SCHOOL.Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1688

Haki, U., & Prahastiwi, E. D. (2024).Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67

Hambali, I. (2013). Internalisasi Siswa dalam Proses Pengembangan Pribadi dan Karakter Kebajikan.Jurnal Pendidikan Humaniora.

Magdalena, I., Rismawati, P., Ardani, R., & Daffah, V. (2023). Evaluasi Pendidikan Karakter: Mengukur Pengembangan Moral dan Etika dalam Pendidikan.Al-Tarbiyah,Bau Bau/Al-Tarbiyah. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.249

Malta, D. P. de L. N., Silva, M. C. F. da, Quadros, S. C. L. de, Nogueira, M. da P. de S., & Santana, J. S. S. (2023).The school-family relationship in students’ academic and social development. https://doi.org/10.56238/arev6n3-040

Manik, W., Sagala, M. Y., Tampubolon, D. A., & Nababan, D. (2024). Peran Penting Sikap Disiplin Pada Anak.Deleted Journal. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i2.107

Marlina, E., Purwaningsih, M., Siagian, A. H. A. M., Al Hakim, S., & Maryati, I. (2024). Ensuring Trustworthiness in Qualitative Research.Advances in Library and Information Science (ALIS) Book Series. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-3069-2.ch012

Masudatik, M. (2022). Model Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembiasaan (Habit Forming) : Studi Kasus Model Pembiasaan Dengan Kegiatan Religi di MA Sultan Agung Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.QUALITY. https://doi.org/10.21043/quality.v10i1.12558

Munawarsyah, M. (2023). Islamic Education in the Modern Era: Analysis of Student Character and Their Role in Facing the Challenges of Industry 4.0.HEUTAGOGIA Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.14421/hjie.32-01

Nangare, D. S., Sayyed, M. B., & Kamble, H. (2025). The Role of Sports in Implementing Discipline in Students.IBMRD’s Journal of Management & Research. https://doi.org/10.17697/ibmrd/2025/v14i1/174297

Niwa, Y. (2022).Case Study as a Method of Qualitative Research. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-3881-7.ch023

Nurfadhilah, N. (2019). Analisis pendidikan karakter dalam mempersiapkan pubertas menuju generasi emas indonesia 2045.Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11124

Nurzannah, S. (2022).Peran Guru Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Oktaviana, I. A. (2025).Implementasi Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Melalui Kegiatan Pembiasaan Pagi Untuk meningkatkan Karakter Disiplin pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal. https://doi.org/10.62379/jishs.v4i1.3322

Puspita, R., Waroh, S., & Gusmaneli. (2024).Peran Dukungan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Menengah. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.41

Rahmah, Y., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar.Maras. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.547

Ravindran, V. (2019).Data analysis in qualitative research. https://doi.org/10.4103/IJCN.IJCN_1_19

Rofi, M. F., Nisa, T. S., Widyastuti, A. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Analisis Manajemen Waktu Siswa Sekolah Dasar Melalui Jurnal Harian.Pusat Publikasi Ilmu Manajemen. https://doi.org/10.59603/ppiman.v3i1.671

Sari, M., Suli’ah, S., Monalisa, S., Rokhiyawati, L., Oktanurina, I., Sotyaningsih, D., Permatasari, N., Nurhawiyah, S., Yusvinah, Y., Ghaisani, S., Trikomalawati, L., & Kartika, N. E. (2025). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31004/abdira.v5i4.598

Sawari, S. S. M., Muflihin, A., Warsiyah, W., & Madrah, M. Y. (2022). THE PERCEPTION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND ITS IMPLICATIONS FOR CURRICULUM DEVELOPMENT IN THE ERA OF SOCIETY 5.0.Akademika: Jurnal Pemikiran Islam. https://doi.org/10.32332/akademika.v27i2.5805

Shifana, M., Kim, I., Nisak, H., Ritonga, E. S., & Wariyati, W. (2025). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris. https://doi.org/10.55606/jupensi.v5i2.5210

Silalahi, N., Simarmata, E. J., & Samosir, R. (2024).Optimizing Character Formation: Community Service to Improve Student Discipline at the Elementary School Level. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i3.239

Soenaryo, S. F., Susanti, R., Suwandayani, B. I., Fatimah, S., Soenaryo, R. D., Susanti, Istanti, B., & Suwandayani. (2024). Tinjauan Kesiapan Belajar dalam Proses Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar.Kiddo. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11452

Syadzali, A. (2024). Reimagining character education: innovations in cultivating values amidst the advancements of civilization.FIKRUNA Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.56489/fik.v7i1.278

Wahyono, S. B., Budiningsih, A., Suyantiningsih, & Rahmadonna, S. (2022). MULTICULTURAL EDUCATION AND RELIGIOUS TOLERANCE Elementary School Teachers’ Understanding of Multicultural Education in Yogyakarta.Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.14421/ajis.2022.602.467-508
Published
2025-10-31
How to Cite
Abdul Gofur, M., & Febriyanti, S. (2025). Implementasi Program Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 130-141. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i2.1032