Flocycle Project: Mengubah Sampah Botol Plastik Menjadi Simbol Kesadaran Ekologis Peserta Didik
Abstract
Krisis lingkungan global akibat eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan menuntut pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran ekologis sejak dini. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi Flocycle Project (bunga acrylic dari botol plastik bekas) sebagai model pembelajaran lingkungan berbasis proyek yang mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dan berpikir sistemik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, serta refleksi dan evaluasi. Data diperoleh melalui lembar kerja peserta didik dan dokumentasi proses kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa proyek daur ulang botol plastik menjadi bunga akrilik mampu meningkatkan kesadaran ekologis, kreativitas, kolaborasi, serta kemampuan refleksi nilai peserta didik. Peserta memahami keterkaitan antara bahan, proses produksi, dan dampak ekologis sebagaimana prinsip berpikir sistemik yang dikemukakan Meadows dalam The Limits to Growth. Kegiatan ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan untuk keberlanjutan.
References
Ahmad, S. N., Syahrir, M., Pasanda, O. S., Mustika, W., Zaman, N., & Adhimastra, I. K. (2023). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan. TOHAR MEDIA.
Aliman, M., Supriyono, S., Halek, D. H., Marni, S., & Mike, M. (2025). Eksplorasi potensi kreatif siswa SMA melalui model project based learning dalam Kelas Geografi. Geomedia Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 23(1).
Hamidah, N., & Surtikanti, H. K. (2023). Implementasi education for sustainable development (ESD) pada universitas lintas negara terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku kesadaran lingkungan mahasiswa. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(1).
Lakshman, S. (2024, January 10). More critical minerals mining could strain water supplies in stressed regions. World Resources Institute. https://www.wri.org/insights/critical‐minerals‐mining‐water‐impact
Marpaung, S. S. M., Ariswara, K., Rahmila, Y. I., Faubiany, V., Yulianti, M., Setiawan, M., Halwany, W., Putra, H. S., Octoyuda, E., & Hartati, B. R. (2025). A CASE STUDY OF WASTE BANK IMPLEMENTATION IN AN ELEMENTARY SCHOOL IN. 17(3), 277–286. https://doi.org/10.20473/jkl.v17i3.2025.277-286
Meadows, D. H., Meadows, D. L., Randers, J., & Behrens, W. W. (1972). THE LIMITS TO GROWTH. Photomacs Associates.
Oktiawati, U. Y., Ikhlas, A., Kurnia, H., Taufan, A., & Sawlani, D. K. (2024). KURIKULUM DAN PENDIDIKAN BERBASIS PROYEK MENDORONG KREATIVITAS DAN KOLABORASI. EDU RESEARCH, 5(4), 63-79.
Olutayo, F. S., John, O. L., & Adeoye, A. (2022). Knowledge of plastic bottle waste management and socio-cultural factors in Ile- Ife city : A rapid qualitative study. October.
Parejo, J., Corton-heras, M., Nieto-blanco, A., & Segovia-barberan, C. (2021). Plastics as an Educational Resource for Sustainable Development : A Case Study in Ghana.
Samsu. (2017). METODE PENELITIAN : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development) (Rusmini (ed.)). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
United Nations Environment Programme. (2024, March 1). Rich countries use six times more resources, generate 10 times the climate impacts than low-income ones [Press release]. https://www.unep.org/news‐and‐stories/press‐release/rich‐countries‐use‐six‐times‐more‐resources‐generate‐10‐time
Wahyuni, S. T. (2024, December). Evaluasi Implementasi Education Of Sustainable Development (ESD) dalam Mendukung SDGs di Kota Pekanbaru (Studi pada Sekolah Menengah Atas). In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 47-53).
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








