Flocycle Project: Mengubah Sampah Botol Plastik Menjadi Simbol Kesadaran Ekologis Peserta Didik

  • Kharina Rismawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Audree Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Siti Logayah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Flocycle, Pendidikan Lingkungan, Sampah Plastik, Buku The Limits To Growth, Berkelanjutan

Abstract

Krisis lingkungan global akibat eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan menuntut pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran ekologis sejak dini. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi Flocycle Project (bunga acrylic dari botol plastik bekas) sebagai model pembelajaran lingkungan berbasis proyek yang mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dan berpikir sistemik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, serta refleksi dan evaluasi. Data diperoleh melalui lembar kerja peserta didik dan dokumentasi proses kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa proyek daur ulang botol plastik menjadi bunga akrilik mampu meningkatkan kesadaran ekologis, kreativitas, kolaborasi, serta kemampuan refleksi nilai peserta didik. Peserta memahami keterkaitan antara bahan, proses produksi, dan dampak ekologis sebagaimana prinsip berpikir sistemik yang dikemukakan Meadows dalam The Limits to Growth. Kegiatan ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan untuk keberlanjutan.

Author Biographies

Audree Azzahra, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2022

Dina Siti Logayah, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

References

Agrevinna, M., Novita, E., Indadihayati, W., & Arisa, M. F. (2025). Edukasi Kreatif Daur Ulang Botol Plastik sebagai Solusi Estetika Lingkungan Melalui Pembuatan Pot Gantung di Wilayah Dukuh Dayakan, Kulon Progo. Abdimas Galuh, 7(September), 1533–1538.

Ahmad, S. N., Syahrir, M., Pasanda, O. S., Mustika, W., Zaman, N., & Adhimastra, I. K. (2023). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan. TOHAR MEDIA.

Aliman, M., Supriyono, S., Halek, D. H., Marni, S., & Mike, M. (2025). Eksplorasi potensi kreatif siswa SMA melalui model project based learning dalam Kelas Geografi. Geomedia Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 23(1).

Hamidah, N., & Surtikanti, H. K. (2023). Implementasi education for sustainable development (ESD) pada universitas lintas negara terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku kesadaran lingkungan mahasiswa. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(1).

Lakshman, S. (2024, January 10). More critical minerals mining could strain water supplies in stressed regions. World Resources Institute. https://www.wri.org/insights/critical‐minerals‐mining‐water‐impact

Marpaung, S. S. M., Ariswara, K., Rahmila, Y. I., Faubiany, V., Yulianti, M., Setiawan, M., Halwany, W., Putra, H. S., Octoyuda, E., & Hartati, B. R. (2025). A CASE STUDY OF WASTE BANK IMPLEMENTATION IN AN ELEMENTARY SCHOOL IN. 17(3), 277–286. https://doi.org/10.20473/jkl.v17i3.2025.277-286

Meadows, D. H., Meadows, D. L., Randers, J., & Behrens, W. W. (1972). THE LIMITS TO GROWTH. Photomacs Associates.

Oktiawati, U. Y., Ikhlas, A., Kurnia, H., Taufan, A., & Sawlani, D. K. (2024). KURIKULUM DAN PENDIDIKAN BERBASIS PROYEK MENDORONG KREATIVITAS DAN KOLABORASI. EDU RESEARCH, 5(4), 63-79.

Olutayo, F. S., John, O. L., & Adeoye, A. (2022). Knowledge of plastic bottle waste management and socio-cultural factors in Ile- Ife city : A rapid qualitative study. October.

Parejo, J., Corton-heras, M., Nieto-blanco, A., & Segovia-barberan, C. (2021). Plastics as an Educational Resource for Sustainable Development : A Case Study in Ghana.

Samsu. (2017). METODE PENELITIAN : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development) (Rusmini (ed.)). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

United Nations Environment Programme. (2024, March 1). Rich countries use six times more resources, generate 10 times the climate impacts than low-income ones [Press release]. https://www.unep.org/news‐and‐stories/press‐release/rich‐countries‐use‐six‐times‐more‐resources‐generate‐10‐time

Wahyuni, S. T. (2024, December). Evaluasi Implementasi Education Of Sustainable Development (ESD) dalam Mendukung SDGs di Kota Pekanbaru (Studi pada Sekolah Menengah Atas). In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 47-53).
Published
2025-10-31
How to Cite
Rismawati, K., Azzahra, A., & Logayah, D. (2025). Flocycle Project: Mengubah Sampah Botol Plastik Menjadi Simbol Kesadaran Ekologis Peserta Didik. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 81-90. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i2.1015