STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SD DI ERA SOCIETY 5.0

  • Yuli Diah Saptorini Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Tengku Amanda Putri Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Era Society 5.0

Abstract

Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia SD di Era Society 5.0. Manusia merupakan makhluk yang paling menakjubkan dan unik yang diciptakan Allah dengan kemampuan multidimensi. Pendidikan karakter di Indonesia saat ini menjadi isu hangat untuk diperbincangkan dengan banyaknya fenomena karakter seseorang yang tidak lagi sesuai dengan tuntutan agama. Society 5.0  menjadi tempat dimana masyarakat dapat menikmati hidupnya dengan bantuan teknologi yang menjadikan manusia sebagai pusat pengendali teknologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter dan karakter yang harus di kembangkan di Era Society 5.0, keterampilan apa yang harus dimiliki siswa dan guru di Era Society 5.0 dan strategi pendidikan karakter yang dapat dilakukan di Era Society 5.0 untuk anak usia SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Studi Pustaka). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Era Society 5.0 menjadi sebuah peradaban baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan peran teknologi, sebagai salah satu strategi dalam pendidikan berbasis teknologi. Strategi pendidikan karakter yang tepat dibutuhkan untuk untuk dapat mempertahankan karakter siswa dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin cepat berkembang.

References

Abdu, F. E. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 63.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan.
Maulida, A. (2015). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak Dalam Hadist Nabawi. Jurnal Pendidikan Islam, 864-865.
Melianah, S. A. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PPs UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 2020, 813.
Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 230-231.
Suswandari. (2019). Ekstrapolasi Paradigma Pendidikan dan Kearifan Kebudayaan Lokal Dalam Menyambut Era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 38.
Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2022-09-03
How to Cite
Diah Saptorini, Y., & Amanda Putri, T. (2022). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SD DI ERA SOCIETY 5.0. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 29-36. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i1.96