POLA AJARAN SALAFI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH DASAR ISLAM SALMAN AL-FARISI KOTA BEKASI

  • Samsul Khaeri Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Ajeng Yulistia Dewi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Pola ajaran salafi, pembelajaran fiqih, Sekolah dasar islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari penerapan Pola Ajaran Salafi Pada Pembelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam Salman Al-Farisi Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021 di SDI Salman Al-Farisi Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori Miles dan Hubberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan menarikan kesimpulan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, observasi studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penerapan pola ajaran salafi pada pembelajaran fiqih di sekolah dasar islam bagi peserta didik dan pengajarnya untuk menjaga dan menjadikan ajaran islam sebagai ajaran yang kaffah dan menjaga generasi umat islam sesuai dengan ajaran Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam.

References

Abdul Aziz, Syaikh Shalih bin. dkk. 2017. Fikih Muyassar. Jakarta: Darul Haq.
Al-Tabany, Trianto I B. 2014. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Amirudin dan Fathurrohman. 2016. Pengantar Ilmu Fiqh. Bandung: PT Refika Aditama.
Apendi, Tatang. 2016. Pemikiran Fiqih Ibn Al-Qayyim Al- Jawziyah. Diakses. 22 April 2021.
https://lms.unikarta.ac.id/index. php/cemerlang/article/view/50. html
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ash-Shiddiqiey, Hasbi. 1978. Pengantar Ilmu Fiqih. Jakarta: Bulan Bintang.
Ash-Shidqi, Hasbi. 1970. Hukum- Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Departemen Agama RI. 2003. Kurikulum dan Hasil Belajar Fiqih Madrasah Ibtidaiyyah.
Departemen Agama RI Binbaga Islam. 2003. Kurikulum dan hasil belajar. Jakarta.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Jawas, Yazid bin. 2018. Mulia Dengan Manhaj Salaf. Bogor: Pustaka At-Taqwa.
Jumadil. 2020. Hakikat Madzhab dan Respon Umat islam. Diakses: 17 Februari 2021. http//www.ejournal.staialazhar. ac.id/index.php/ailrev/articel/vi ew/34/25. html.
Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1988. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Peraturan Kementrian Agama RI. 2008. Standar Isi Pendidikan Agama Islam. Jakarta.
Prastowo, Andi. 2015. Keselarasan Materi Fiqih MI Kurikulum 2006 Terhadap Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Diakses: 19 Februari 2021. http://jurnal.albidayah.id/index. php/home/article/view/69. html.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: KENCANA Prenada Media Group.
Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Syafei, Rachmat. 2001. Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2022-09-03
How to Cite
Khaeri, S., & Dewi, A. Y. (2022). POLA AJARAN SALAFI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH DASAR ISLAM SALMAN AL-FARISI KOTA BEKASI. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i1.95