PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA WAYANG GAMBAR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABSCHOOL STAI BANI SALEH

  • Tine Mulyaningsih Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Anggita Indah Prabawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Bercerita, Pembelajaran Jarak Jauh, Wayang Gambar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh dengan media wayang gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun atau kelompok B dengan sampel penelitian berjumlah 10 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakalan kelas (Classroom Action Research). Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistic deskripsiyaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra penelitian, siklus I sampai dengan siklus II. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan. Pada kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh, Pra Penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 32,75%. Dari hasil kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,75%. Dan dari hasil kegiatan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,75%. Hasil penelitian tersebut menunjukan adanya peningkatan kemampuan bercerita dalam pembelajaran jarak jauh pada anak usia 5-6 tahun dengan media wayang gambar.

References

Ahmad Faza Iqbal, 2020. Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Di Indonesia. Diakses: 24 Maret. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik.html

Ardiawan, I Ketut Ngurah dan Wiradnyana I Gede Arya, 2019. Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas. Diakses: 26 Maret 2021. https://tinyurl.com/KupasTuntasPTK
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP). Pendidikan Anak Usia. Modul PLPG. 2014.
Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. Diakses: 15 Januari 2021. http://pusdatin.kemendikbud.go.id.html
Hamalik Oemar, 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung.
Izzati, Lailatul dan Yulsyofriend, 2020. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Diakses: 24 Maret 2021. https://jptam.org.html
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran (SE) Nomor 15 tahun 2020.
Khadijah dan Amelia Nurul, 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Kumara Bintang Stefanus, 2020. Transformasi Wayang Beber Dalam Batik Lukis. Diakses: 26 Maret 2021. http://e-journal.umaha.ac.id.
Lubis Br Lucia Lisa, 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1, Brandan Barat. Medan: Universitas HKBP Nommensen. Diakses: 25 Maret 2021. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4028.html
Mulyoto, 2020. Jurnal Pendidikan Empirisme. ISSN: 2301-5848. Peningkatan Hasil Belajar Proses Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD. Diakses: 23 Maret 2021. https://tinyurl.com/JurnalEmpirisme2020
Munir, 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alvabeta.
Oktaviani Rizki dan Wiyanto Agus, 2014. Pengembangan Media Wayang Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan Dan Tumbuhan) Dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Diakses: 29 Maret 2021 http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/.html
Parnawi Afi, 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Diakses: 26 Maret 2021. https://tinyurl.com/ClassroomActionResearch
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Hamsiani. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di TK Miftahul Khair. Diakses: 6 Maret 2021. https://journal.unpalopo.ac.id/index.php/panrita.html
Putri Anjani, 2019. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Diakses: 26 Maret 2021. https://tinyurl.com/BooksPTK
Rahmawati, 2020. Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Pada Kelompok B1 di TK Rahmatullah Palanro, Sulawesi Selatan. (E-Jurnal Sipatokkong BPSDM). Diakses: 3 Maret 2021. https://ojs.bpsdmsulsel.id/.html
Riyani Cepi, 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Robingatin dan Ulfa Zakiyah. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rosyid, Z. dkk. 2020. Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.
Safitri, Hadi Evi, 2020. Diakses: 9 Maret 2021. Pengaruh Pemanfaatan media Wayang Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan, Kediri (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Tulungagung: Institut Agama Islam Tulungagung. https://journal.walisongo.ac.id.
Sarwa, 2021. Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Solusi. Indramayu: Adab.
Shanie, Arsan dan Fadhilah Nur Clarita, 2021. Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Diakses: 26 Maret 2021. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce.
Sujiona, Y. dkk. 2015. Metode Pengembangan Kognitif. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sunaryo Aryo, 2020. Rupa Wayang. Diakses: 9 Maret 2021 https://tinyurl.com/RupaWayang
Susilana Rudi dan Riyana Cepi, 2009. Media Pembelajaran. Diakses: 22 Januari 2021. https://tinyurl.com/PembelajaranMedia
Susilo Charly Arifin, 2020. Perancangan Museum Wayang Nusantara di Kota Baru Parahyangan, Bandung. Diakses: 26 Maret 2021. http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/971.
Zaenah Siti, 2015. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Wayang Binatang Di Kelompok B TK Pertiwi I, Nganjuk (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Published
2022-04-29
How to Cite
Mulyaningsih, T., & Indah Prabawati, A. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA WAYANG GAMBAR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABSCHOOL STAI BANI SALEH. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 37-56. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i1.86