Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Belajar Mandiri Mahasiswa
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berprestai dan kepercayaan diri terhadap belajar mandiri mahasiswa jurusan prodi pendidikan islam anak usia dini (PIAUD), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang melibatkan 45 mahasiswa jurusan PIAUD di kampus STAI Bani Saleh, Kota Bekasi yang diambil secara acak sederhana. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui teknik pelaporan diri (self report), yaitu mahasiswa mengisi sendiri kuesioner yang peneliti siapkan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berhubungan positif dengan kepercayaan diri mahasiswa yang artinya bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula kepercayaan diri mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi berprestasi dan kepercayaan diri mahasiswa memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan belajar mandiri yang dimiliki mahasiswa.
References
Davidson. 2014. Overcome Doubts, Bulid Self Confidence. Office Pro Journal. Kansas City. Vol 64: 6-16
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Lenney. 1997. Womens Self Confidence In achievement Setting. Psychology Bulletin. 84 (1)
Lauster. 1992. Tes Kepribadian (Terjemahan D.H Gulo). Jakarta: Sungguh Bersaudara.
Nalatambi, Saraswathy., Faizah Shahudin., Zuliana Zaludin., 2015. Students’ Perception on Independent learning and Possible Impact on The Students’ Performance at Pre – University. Proceedings of ISER 10th International Conference, Kuala Lumpur, Malaysia, 8th November 2015, ISBN: 978-93-85832-34-5
Saeid, Nasim., Tahere Eslaminejad. 2017. Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students, International Education Studies, Vol. 10, No. 1; 2017, ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039.
Uno, B Hamzah. 2012. TeoriMotivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BumiAksara.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional di Indonesia.
Copyright (c) 2018 El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.