Alternatif Pembelajaran Menggunakan Card Game Pada Anak

  • Khikmah Susanti
Keywords: game, anak, edukasi, hijaiyah.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Khususnya dibidang gadget. Tak bisa dipungkiri dari anak kecil hingga dewasa sudah mengenal gadget dengan segala kegunaannya. Meskipun gadget bisa digunakan sebagai media belajar, namun ada dampak negatif yang ditimbulkan. Sehingga orang tua perlu meminimalisir penggunaan gadget kepada anak. Keberadaan Card Game, bisa menjadi media belajar alternatif yang digunakan untuk memberikan pelajaran. Card Game bisa menjadi pilihan yang mengasikkan dan menjadikan waktu kebersamaan menjadi lebih berarti, disaat permainan favorit bisa diakses hanya via ponsel. Bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja di jaman yang sudah serba virtual. Card Game tidak hanya berisi tentang permainan, namun ada yang berisi edukasi, seperti Card Game huruf Hijaiyah. Card Game yang berisi edukasi dapat memberikan informasi, dan kesenangan untuk si anak. Dengan bermain sambil belajar diyakini dapat mengasah kemampuan berpikir dan menciptakan kreativitas anak dengan melihat visual yang ada. Selain itu mampu menyusun strategi, mengasah ketelitian, anak menjadi lebih aktif, dapat bersosialisasi dan komunikatif dengan teman, serta menanamkan rasa saling menghormati, dan jujur.

References

Sudrajat, Ajat (2007). The game of miraclous card: media pembelajaran alternatif berbasis pendidikan karakter dan budaya.
Sumlati, dkk, (2008). Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. “Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,dan Penilaian”. Bandung: Penerbit CV Wacana Prima.
http://guraru.org/guru-berbagi/pemanfaatan-board- game-dan-card-game-dalam-pembelajaran/
http://windycitra.blogspot.co.id/2016/02/board- game-dan-card-game-bisa-menjadi.html
http://mohammadmahareza.blogspot.com/2014/04/pengertian-teknologi-game.html
www.googleweblight.com : Board Game dan Card Game bisa menjadi media belajar alternatif.
Published
2021-07-14
How to Cite
Susanti, K. (2021). Alternatif Pembelajaran Menggunakan Card Game Pada Anak. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 36-41. https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i1.79