Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian dan Percaya Diri Pada Anak Down Syndrome Di SLB Aisyiyah Al Walidah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebutuhan anak penyandang down syndrome, pentingnya pelatihan kemandirian dan kepercayaan diri, serta peran guru dalam mendukung proses tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi kasus. Subjek penelitian adalah guru-guru di SLB Aisyiyah Al-Walidah yang memiliki pengalaman membimbing anak berkebutuhan khusus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,observasi di kelas,dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Wawancara berfokus pada strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian dan kepercayaan diri anak down syndrome.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berproses menjadi mandiri melalui beberapa tahapan, antara lain: (1) pengulangan aktivitas harian dengan pendampingan langsung hingga anak dapat melakukannya sendiri; (2) penerapan metode proksimal serta koordinasi rutin dengan orang tua agar strategi pembelajaran berlanjut di rumah; dan (3) pemanfaatan media interaktif seperti lagu untuk membantu komunikasi dan meningkatkan keberanian dalam berinteraksi sosial. Guru memiliki peran penting sebagai fasilitator, pemberi semangat, dan pendamping aktif dalam pembentukan kemandirian dan kepercayaan diri anak. Hasil ini menekankan pentingnya sinergi antara guru dan keluarga dalam mendidik anak-anak penyandang down syndrome.
References
Desa, M. V., & Selfiana, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MENCORET DENGAN KRAYON PADA ANAK DOWN SYNDROME DI WISMA BHAKTI LUHUR MALANG. JURNAL PELAYANAN PASTORAL.
Hardi, N. A., & Mulia, D. (2022). Penerapan modifikasi perilaku menggunakan token ekonomi untuk mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran anak down syndrome. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa.
Iftitah, S. L. (2022). Upaya guru dalam membimbing anak hiperaktif di tk pkk tanjung pademawu pamekasan. Jurnal anak usia dini holistik integratif (audhi).
Insani, H. N. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu melalui Zona Perkembangan Proksimal (ZPD). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Khoerunnissa, R. R., & Susanti, D. (2024). Peran guru dalam mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas. Sebuah tinjauan literatur.
Khoironi Fadli, M. P., & Sumiyarin, R. (2019). Kemandirian anak intellectual disability terkait dengan tingkat kematangan sosial. Media Ilmu Kesehatan.
Kiriweno, H. S., & Dapa, A. (2023). Manajemen Kurikulum Fungsional Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB-A Bartemeus Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Kurnia, I. R., & Rahayu, T. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SLB Ananda Mandiri. Jurnal Pendidikan Khusus.
Nasikhotun, N., & Yurianto, R. (2023). PELAYANAN DAN PELATIHAN KEMANDIRIAN UNTUK RETARDASI MENTAL SISWA SD/MI. Prosiding Seminar Internasional Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Society 5.0.
Nurrahmah, N. H., & Despriliani, D. (2025). Analisis peran dan fungsi guru pendamping ABK usia dini di TK Al-Biruni Ariagraha. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (JPAUD) Al-Biruni.
Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara. Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Puspita, J. A., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Peran Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner dalam Pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Socah. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora.
Saputra, M. S., & Cipta Utama, Y. (2023). Strategi pelayanan guru pendamping dalam menumbuhkan kemandirian kesejahteraan anak berkebutuhan khusus di SMPN 46 Surabaya. Jurnal Kesejahteraan Sosial.
Solehah, N. K., & Sa’diyah, H. (2025). Peran Guru dalam Mengajar Siswa Tunagrahita Ringan Tipe Down Syndrome di SLB Api Alam Tlanakan Pamekasan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter.
Suharsiwi, S. S., & Farokhah, L. (2023). Analisis konten lagu “Maritirukan” sebagai media pengembangan keterampilan sosial anak usia dini berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmiah Visi (JIV).
Suryati, S., & Apriliana, P. (2022). Kemandirian perawatan diri pada anak autis. Jurnal Penelitian Perawat Profesional.
Wulandari, D., & Kartika, W. I. (2025). Peran Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Tunagrahita Usia 7-8 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood.
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








