Survey Kemampuan Gerak Dasar Guru Paud di DKI Jakarta

  • Lilis Suryani STAI Bani Saleh
Keywords: Kemampuan gerak dasar, guru PAUD, penelitian survey

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan gerak dasar guru dalam kategori baik, cukup dan kurang dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengajar gerak dasar kepada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan temuan yang tampak di lapangan, sesuai dengan fakta yang ada dan melihat dari berbagai sudut pandang. Penelitian deskriptif melihat satu gejala atau satu variabel dan melihat intensitasnya dari kuantitatif. Teknik survey bertujuan untuk melihat satu gejala yang dominan muncul dari satu komunitas dalam ruang lingkup yang luas. Dengan mengukur menggunakan instrumen yang disebar kepada responden, maka selanjutnya dihitung prosentasenya dan kemudian diinterpretasikan hasilnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam gerak dasar berada pada kategori cukup. Adapun komponen evaluasi atau tes perkembangan motorik yang akan diukur adalah: keterampilan lokomotor yang terdiri dari berjalan, berlari, galloping, naik turun tangga dan memanjat, lompat loncat dan merangkak; keterampilan nonlokomotor yang terdiri dari kelentukan, keseimbangan, dan menggantung; dan keterampilan manipulatif yang terdiri dari melempar, menangkap, menendang, memukul, memantulkan bola, dan menggelindingkan bola.Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan gerak dasar merupakan hal yang fundamental untuk dikuasai guru PAUD yang nantinya sangat dibutuhkan untuk menstimulasi perkembangan motorik anak terkait dengan kemampuan gerak dasar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fitts dan Posner. Learning Movement Process
Hurlock, Elizabeth. 2005. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Published
2018-10-26
How to Cite
Suryani, L. (2018). Survey Kemampuan Gerak Dasar Guru Paud di DKI Jakarta. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.54125/elbanar.v1i1.7