Tujuan Pendidikan: Tinjauan Filosofis Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dalam Buku Islam Dan Sekularisme
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hakikat dari tujuan pendidikan menurut Al-Attas di dalam bukunya yang berujudul Islam dan Sekularisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang berusaha mengungkapkan fakta berdasarkan sudut pandang partisipan yang terdapat di dalam literatur tertulis. Hasil penelitian ini mengungkapkan, bahwa tujuan pendidikan menurut Al-Attas adalah untuk membentuk manusia sebagai hamba Allah yang baik. Rumusan tujuan pendidikan menurut Al-Attas yang dijelaskannya pada sistem ta’dib relevan untuk menjawab tantangan zaman seperti degradasi moral yang dialami oleh generasi bangsa dewasa ini.
References
________ . (2019). The Concept of Education in Islam: a Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: Ta’dib International.
Ardiansyah, M. (2017). Catatan Pendidikan. Depok: Ma’had ‘Aly Hujjatul Islam.
_______ . (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: YPI At-Taqwa.
Arif (e.d.), S. (2016). Islamic Science: Paradigma, Fakta dan Agenda. Jakarta: INSISTS.
Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.
_______ . (2013). Islamisasi Ilmu-Ilmu Kontemporer dan Peran Universitas Islam dalam Konteks Dewesternisasi dan Dekolonisasi. Bogor: UIKA dan CASIS – UTM.
_______. (2019). Budaya Ilmu: Makna dan Manifestasi dalam Sejarah dan Masa Kini. Kuala Lumpur: CASIS – UTM dan HAKIM.
Husaini (et.al.), A. (2013). Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani.
_______. (2015). Mewujudkan Indonesia yang Adil dan Beradab. Surabaya: Bina Kalam Indonesia.
Kania, D. D. (2017). Pemikiran Epistemologi Al-Attas. Jurnal ISLAMIA Vol XI. Jakarta: INSISTS.
Mājah, I. (tanpa tahun). Sunanu Ibni Mājah. Riyadh: Bayt al-Afkār.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Risallah, F. dan Denisova, T. (2019). Syed Muhammad Naquib al-Attas on Human Origin. Jurnal Tsaqafah Vol. 15. Ponorogo: UNIDA Gontor.
Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Tirtaraharja, U dan Sulo, S. L. L. (2010). Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2021 EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.