Penanaman Toleransi Agama Pada Diri Anak Melalui Doktrin Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mi Hidayatul Ahbabina, Setu, Bekasi)
Abstract
Penelitian ini secara teoritis dapat mengungkapkan tentang bagaimana hasil belajar SKI siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan nilai toleransi agama. Secara praktik, hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada guru, siswa dan orang tua bahwa dengan menggunakan metode yang tepat maka hasil belajar SKI siswa dapat meningkat. Implikasi dari hasil penelitian yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar SKI pada siswa adalah dengan menggunakan nilai toleransi agama. Dan subjek penelitian adalah 13 orang dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dengan pola pra penelitian, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan tingkat ketercapaian siswa dalam menanamkan nilai toleransi dalam beragama dengan doktrin mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
References
Ahmad Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.
Aris Shoimin. 2014. Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Enjah Takari R. 2008. Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Pengembangan profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK. Bandung. PT Genesindo. hlm. 5.
Ervina Maharani. 2014. Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Simpel, Cepat dan Memikat. Yogyakarta. Parasmu.
Evelin Siregar & Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
F.J Monks, A.M.P Knoers. Dan Siti Rahayu Haditomo. 2002. Psikologi perkembengan Pengantar Dalam Berbagai Baginya. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Harmianto. 2015. Model-Model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: CV Alfabeta.
Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali pers.
Miftahul Huda. 2014. Metode pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Muhammad. 2014.Sejarah Pendidikan Islam. Solo: Pustaka Arafah. hlm. 15.
Mulyasa. 2012. Pratik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikuno, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aksara.
Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta didik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Suyadi. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Diva. Press.
Syarif Sumantri. 2015. Strategi pembelajaran (Teori dan praktik di
Tingkat Pendidikan Dasar). Depok: Rajawali Press. Hlm. 2.
Tatang Suhendra. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Zainal Arifin. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zuhairini. 2008. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2019 EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.