Pengaruh Pengetahuan Sastra Terahadap Kemampuan Menulis Cerpen
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, penelitian ini mengarah kepada besar kecilnya atau kuat lemahnya kadar pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasilnya dapat dilihat bahwa nilai Sig = 0,000 dan thitung = 4,039, sedangkan ttabel = 2,002, karena nilai Sig < 0,05 dan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen.
References
Munandar, Utami S.C. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE
Sayuti, Suminto. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta : Gama Media
Selden, Rahman. 1985. A Reader’s Guide to Contempory Literary Theory. Liverpool : Harvester Press
Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sumardjo, Jacob. 2007. Menulis Cerita Pendek. Bandung : Penerbit Pustaka Latifah
Suriasumantri, Jujun. 1998. Filsafat Ilmu. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Widyamartaya, A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Jakarta : Kanisius
Copyright (c) 2019 EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.