Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang mencari solusi dalam mengembangkan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian sebuah teori yang menyampaikan bahwa kegiatan menulis membutuhkan suatu penguasaan kosakata yang baik. Jika siswa memiliki kosakata yang banyak, maka akan mempermudah siswa dalam merangkai kata untuk menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian korelasi merupakan penelitian yang melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain. Adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan telah terjadinya suatu korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa r xy hitung sebesar 0,520. Dan r xy tabel pada korelasi product moment yaitu 0,403. Perbandingan nilai tersebut berarti r hitung lebih besar daripada r tabel, (0,520 ˃ 0,403). Jadi, hasil pengujian dengan rumus koefisien korelasi yaitu POSITIF. Oleh karena itu, kegiatan menulis yang dilakukan siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan, jika penguasaan kosakatanya lebih baik.
References
K,Tri Rama.(2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung
Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya:SIC
Santoso, Joko. (2013). Pantun Puisi Lama Melayu dan Pribahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska
Silalahi, Uiber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama,
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Gustiana. (2013). “The Effect of Journal Writing Technique and Students’ Achievement Motivation Toward Writing Achiement of the Fourth Semester Students of English Education Departmen of Undiksha”. (Online)
http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7035&action=search&tsearch=The+Effect+of++Journal+Writing+Technique+and+Students&button=search+title+inside+journal. Diakses pada 28 Mei 2018 pukul 23.00 WIB
Hariyanto. (2013). “Pengertian dan Tujuan Pembelajaran”. (Online).
https://belajarpsikologi.com/pengertian-dan-tujuan-pembelajaran/#Tujuan_Pembelajaran. Diunduh 5 Januari 2019 pukul 23.00 WIB
Kristina, Diah, Ayu., Shaifuddin., Sriyanto, M. Ismai. (2013). “Hubungan antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Puisi”. (Online).
http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=107753. Diakses: 01 Januari 2019.
Marsini. (2018). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita dengan Metode Sugesti Imajinasi melalui Media Pergelaran Wayang pada Siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Semarang”. (Online). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=7150&val=540&title=UPAYA%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20CERITA%20DENGAN%20METODE%20SUGESTI%20IMAJINASI%20MELALUI%20MEDIA%20PERGELARAN%20WAYANG%20PADA%20SISWA%20KELAS%20IXA%20SMP%20NEGERI%206%20SEMARANG. Diakses: 18 Januari 2019
Susanti, Indri.,Triyono., Joharman. (2018). “Hubungan antara Penguasaan Unsur Intrinsik Puisi dan Minat Menulis Puisi dengan Kemampuan Menulis Puisi Kelas V Sekolah Dasar”. (Online). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=273818&val=4073&title=HUBUNGAN%20ANTARA%20PENGUASAAN%20UNSUR%20INTRINSIK%20PUISI%20DAN%20%20MINAT%20MENULIS%20PUISI%20DENGAN%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20PUISI%20%20KELAS%20V%20SEKOLAH%20DASAR. Diakses: 18 Januari 2019
Copyright (c) 2019 EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.