STRATEGI PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYATUL HUDA PLERED
Abstract
mempelajari Bahasa asing seperti Bahasa Arab, salah satu permasalahan siswa adalah sulitnya menulid Bahasa Arab. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengemukakan strategi pembelajaran kitabah yang digunakan di madrasah. Penelitian ini dilakukan di MI Salafiyatul Huda Plered. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, data yang dikumpulkan dengan menggunkan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru adalah keselarasan seluruh komponen pembelajaran yaitu pembelajaran Bahasa Arab secara sistematis, metode pengajaran yang digunakan sesuai bahan ajar Al-kitab, guru melengkapi media yang ada dengan membuat media sendiri, yang sesuai dengan sifat siswa. Penggunaan strategi pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan kemampuan menulis arab siswa.
References
Deviana, A. D. (2021). Dampak Belajar Online Menulis Bahasa Arab dengan Berpikir Kreatif Masa Covid-19. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 21(1), 42–53.
Justralina. (2015). Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Suska Pers. Toward a Media History of Documents, 1.
Lamatenggo, Nina. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Pardigma Penelitian, 85–94.
Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171.
Mawardi, Muahemin, & Pratiwi, W. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kecemasan Siswa MTsN Luwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Didaktika: Junal Kependidikan, 12(2), 115–124.
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
Munir, D. R. (2023). Efektivitas “Metode Tebak Kata “Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(2), 01–13. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.42
Munir, D. R., & Fajar, A. (2023). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Teknik Pantomim. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 206–211.
Munir, D. R., Fajar, A., & Maftuhah, M. (2023). Student Pantomime Techniques in Learning Arabic Vocabulary. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9841–9847. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2776
Ritonga, M., Martias, D., Dani, N. R., & Jumusti, L. (2023). Strategi Pembelajaran Kitabah Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7196
Roji, F., Syaifullah, M., & Muttaqin, M. I. (2021). Analysis of Tarkib Idhofi in the Qur ’ an Surah Annisa (learning Nahwiyah). Mantiqu Tayr : Journal of Arabic Language, 1(2), 101–116.
Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
Uno Hamzah. (2010). Metode Untuk Mengorganisasikan Isi Bidang studi yang telah terpilih Untuk Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 49.
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.