KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK TAMAN RIMBO JAMBI

KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA BAKU INDONESIA

  • Siti Fitriah Universitas Jambi
  • Aprilia Kartika Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
Keywords: Penggunaan Bahasa; Ruang Publik; Kota Jambi

Abstract

Maraknya penggunaan bahasa asing serta kesalahan ejaan penulisan bahasa Indonesia di ruang publik menunjukkan bahwa bahasa Indonesia jauh dari kata martabat. Pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik perlu diperkuat, mengingat bahasa Indonesia merupakan suatu identitas yang menunjukan jati diri bangsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada ruang publik di Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi. Hal ini menarik untuk diteliti karena kebun binatang tersebut dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat. sehingga, penelitian ini juga dapat dijadikan sebuah rujukan untuk mengetahui bagaimana potret penggunaan bahasa Indonesia di ruang lingkup pemerintahan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik turunan dari metode simak milik Mahsun (2017) yaitu teknik simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan yaitu teknik foto. Hasil data menunjukkan bahwa penggunaan ejaan bahasa Indonesia di ruang lingkup pemerintah perlu diperkuat, karena masih terdapat beberapa kesalahan, seperti penulisan bahasa asing, penggunaan kata depan ‘di’, penggunaan tanda baca, penulisan kata baku, serta penulisan kalimat.

 

References

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, R. (2003). Komponen Perancangan dalam Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrastuti, R. (2015). Variasi Penggunaan Bahasa Pada Ruang Publik di Kota Suarakarta. Jurnal Kandai, 11 (1): 29-43

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2023). Daring. Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Keraf, G. (2005). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali

Murdiyanto. (2020). Metode Penelitan Kualitatif: Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Press.

Pasti (Padanan Istilah). Daring. Tersedia di https://pasti.kemdikbud.go.id/ranah.php

Sirait, Z. (2021). Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik yang Tidak Memenuhi Bahasa Baku. Jurnal Bahasa dan Sastra. 6(1): 1-9

Sugihastuti. (2012). Bahasa Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia: Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Published
2023-11-23
How to Cite
Fitriah, S., & Kartika Putri, A. (2023). KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK TAMAN RIMBO JAMBI. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 23-31. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i2.154