PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK ISLAM ARRAYAAHIIN CIKARANG BARAT

  • Eva Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Andiani Afrilia Rahayu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Model Pembelajaran BCCT, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia 4-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi mengenai bagaimana penerapan model pembelajaran beyond center and circle time dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-6 tahun. Fokus penelitian ini untuk mengetahui latar belakang, tujuan, perencanaan, langkah-langkah pelaksanaan, penilaian, kelebihan, kekurangan, hambatan, solusi, dan dampak dari penerapan model pembelajaran BCCT dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model BCCT dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan sangat memperhatikan perencanaan dan dilakukan di semua sentra dengan mekanisme empat pijakan melalui dua tahapan yaitu tahapan pramembaca dan tahapan membaca secara teknis. Anak merespon dengan baik dan antusias kegiatan pembelajaran karena dilakukan melalui kegiatan main dengan berbagai alat main. Dengan ini peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran BCCT sangat efektif dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-6 tahun.

References

Anggito, Albi dan Jhon Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualittaif.
Sukabumi: Jejak CV.
Arifin, C. dkk. 2013. Panduan Pembelajaran PAUD Berbasis Masjid Model Sentra. Jakarta: Badan Pembina Taman Kanak-kanak Islam Indonesia.
Ariyani, Neni dan Wismiarti. 2010. Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD (Sentra Peran). Jakarta: Pustaka Al-Falah.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. Kurikulum Pendidikan
Anak Usia Dini No 146
Latif, M. dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Prenadamedia group.
Moleong, Lexy J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Paramita, Vidya Dwina. 2020. Montessori Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja. Yogyakarta: Penerbit Bentang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Widyastuti, Ana. 2017. Kiat Jitu Anak Gemar Tulis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Published
2023-04-19
How to Cite
Arifin, E., & Rahayu, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK ISLAM ARRAYAAHIIN CIKARANG BARAT. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.151