PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTSN 2 PASAMAN BARAT
Abstract
Pembelajaran Al- Qur’an Hadis menjadi salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan agama islam di MTsN 2 Pasaman Barat yang di berikan untuk memahami dan mengamalkan Al- Qur’an sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan, menyimpulkan isi kandungan, menyalin dan menghafal ayat-ayat yang terpilih serta memahami dan mengamalkan hadis-hadis pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Al- Qur’an Hadis dan mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran Al- Qur’an Hadis di MTsN 2 Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang ada dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Pasaman Barat diantaranya adalah siswa kurang mampu dalam membaca Al- Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen, belum diadakan penataran bagi guru Al- Qur’an Hadis dan sarana atau alat pembelajaran yang masih terbatas. Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran al-qur’an hadis di MTsN 2 Pasaman Barat diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Qur’anisasi artinya berusaha menciptakan madrasah yang qur’ani seperti pada kegiatan qiroati dan tadarus bagi semua siswa, serta pihak sekolah telah memprogramkan penambahan prangkat dan sarana prasarana.
References
Ali Yasir, Metode Tafsir Al-quran Praktis, Yogyakarta: Yayasan PIRL.
Depag RI,1997, Metode-Metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah umum, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Hallen A.2002, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Press.
Martini, Yamin. 2007, Profesionalisas Guru dan Implementasi KTSP,cet. IV, Jakarta: Gaung persada Press
Raisu Muttaqien, 2006, Active Learning 1001 cara belajar siswa aktif, Bandung: Nusa Media.
Tim Reality, 2008, Kamus terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.