Penerapan Model Pembelajaran Contextual Learning Berbasis Project Approach Untuk Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK B Al-‘Alaa Bogor

  • Yuli Diah Saptorini
Keywords: contextual learning, project approach, karaker peduli lingkungan, anak usia 5-6 tahun, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai penerapan model pembelajaran contextual learning berbasis project approach untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun diTK B Al-’Alaa, Bogor. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi terkait model pembelajaran contextual learning berbasis project approach untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan karakter peduli lingkungan anak setelah tindakan dengan menggunakan model pembelajaran contextual learning berbasis project approach. Berdasarkan data kuantitatif tersebut, diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa bahwa terdapat 4 aspek yang dijadikan komponen karakter peduli lingkungan yang mengarah pada domain afektif yang meliputi: (a) penerimaan, (b) responsif, (c) nilai yang dianut, (d) organisasi, dan (e) karakterisasi. Aspek-aspek tersebut sangat penting diinternalisasikan ke dalam diri anak melalui pendidikan karakter, terutama yang berfokus pada penerapan karakter peduli lingkungan melalui model pembelajaran contextual learning berbasis project approach. Hal ini dikarenakan manusia tidak bisa terlepas dari alam dan harus selalu menjaga kelestarian alam sedari dini.

References

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Dockeet, Seu. (2002). Play and Pedagogy in Early Childhood Bending The Rules. Australia: Nelson Australia.

Fathurrohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Elaine B, Jhonson. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna: Bandung.
Handini, Myrnawati Crie. Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP, 2012.
Katz, Lilian G., & Chard, Sylvia. (2000). Engaging Children’s Minds: The Project Approach (2nded.). Norwood, New Jersey: Ablex.
Kementerian Lingkungan Hidup & Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011.Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
Lickona, Thomas. 2012.Educating for Character. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Penerjemah Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta.

Mulyanto, H. R. 2007.Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mundiatun & Daryanto. 2015.Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gava Media.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Roopnarine, Jaipul L & Jhonson, James E. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana
Suhendar, Tatang. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Suryanti, dkk.2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA University Press.
Published
2018-10-27
How to Cite
Saptorini, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Learning Berbasis Project Approach Untuk Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK B Al-‘Alaa Bogor. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.54125/elbanar.v1i1.11