Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Penerapan Metode Picture and Picture
Abstract
ABSTRAC
The learning process of Natural Sciences (IPA) in MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Pabelan District. Semarang, still uses the expository method where the teacher explains the material and students only listen and take notes. So the method used by the teacher in the learning process does not improve the learning outcomes of science. It requires student participation in other activities such as asking questions, doing exercises, doing homework (homework), going to the front of the class, holding discussions, and issuing ideas or ideas.
By applying the picture and picture method the type of research the researcher uses is Classroom Action Research, which includes 4 stages: planning, action, observation, reflection. The results of the implementation are evaluated in reflection to compile improvements up to two cycles, while observation, documentation, and formative tests are used research data collection techniques.
Based on classroom action research that has been done, it can be obtained that the learning outcomes of students from the first cycle reached KKM by 16 students or 74.09% with the second cycle reaching KKM by 20 students or 90.9%. So there is an increase in learning outcomes of 4 students or 18.18%. It can be concluded that the method of picture and picture can attract the attention of students so that it can improve the learning outcomes of science, this is shown by students actively involved in the learning process in class and satisfying test results.
Keywords : Picture and Picture, Learning Outcomes, Classifying Animals
ABSTRAK
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Pabelan Kab. Semarang, masih menggunakan metode ekspositori dimana guru menerangkan materi dan siswa hanya mendengarkan serta mencatat saja. Sehingga metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran kurang meningkatkan hasil belajar IPA. Perlu partisipasi siswa dalam kegiatan lain seperti bertanya, mengerjakan latihan, mengerjakan pekerjaan rumah (PR), maju ke depan kelas, mengadakan diskusi, serta mengeluarkan ide atau gagasan.
Dengan menerapkan metode picture and picture jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.Hasil pelaksanaan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun perbaikan hingga dua siklus,sedangkan observasi, dokumentasi, dan tes formatif digunakan teknik pengumpulan data penelitian.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat diperoleh bahwa hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau 74,09% dengan siklus II yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 90,9%. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 4 siswa atau 18,18 %. Dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA, hal ini ditunjukkan dengan siswa-siswi terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas dan hasil ulangan yang memuaskan.
Kata Kunci : Picture and Picture, Hasil Belajar, Menggolongkan Hewan
References
Arikunto, A dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal M. 2014.7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depag RI.2002. Buku Pedoman Guru Mata Pelajaran Pendidikan IPA Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Depag RI. 2004. Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Standar Kompetensi). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, Syaiful B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Haryanto. 2004. SAINS jilid 4 untuk kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Haryono. 2015.Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta.Amara Books.
Hidayati. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta,Skripsi,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Jihad, Asep dan abdul haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kastolani.2014. Pembelajaran Inovatif Teori dan Aplikasi.Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Kusnin. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta: PT Piranti Darma Kalokatama.
Parker, Steve. 2005. Seri Pustaka Sains Cara Hidup Hewan. Klaten.PT Intan Sejati.
Sujana, nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Wisudawati, A dan Sulistyowati Eka.2014.Metodologi Pembelajaran IPA.Jakarta: Bumi Aksara.
Yasidah, Azatul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan melalui Media Picture and Picture pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2015.Salatiga:IAIN press
Copyright (c) 2022 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.