PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Lutfikah Lutfikah
  • Nurhasanah Nurhasanah
Keywords: Peningkatan hasil belajar, Media pembelajaran komik, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran komik pada siswa kelas VA SDN Harja Mekar 04 Cikarang Utara.Subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain tindakan/ rancangan penelitian menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah siklus I nilai rata-rata hasil beajar IPA melalui media pembelajaran komik adalah 64,04%, siklus II nilai rata-rata hasil belajar IPA meningkat menjadi 86,22%. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa media pembelajaran komik merupakan salah satu media pembelajaran yang baik untuk meningkatkan hasil belajar IPA padasiswa Sekolah Dasar.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Handini, M. C. (2012). Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.
Gumelar, M.S. (2011). Cara Membuat Komik. Jakarta: Indeks.
Samatowo, U. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Smaldino, S. E., Deborah L. Lowther, James D. Russel (2011). Instructional Technology & Media For Learning. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Sumantri, M. S. (2015) Strategi Pembelajaran (Teori dan Praktik di Tingkat Sekolah Dasar). Jakarta: Rajawali Press.
Published
2020-08-01
How to Cite
Lutfikah, L., & Nurhasanah, N. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3(1), 86-92. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/57