ANALISIS KARAKTER DALAM DRAMA DOCTOR JOHN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ETIKA TENTANG EUTHANASIA

  • Nurulfatmi Amzy Universitas Indraprasta PGRI
  • Herliyana Rosalinda
Keywords: Euthanasia, Doctor John, etika, HOTS

Abstract

Euthanasia biasa dikenal sebagai upaya menuju kematian tanpa penderitaan. Ada yang berpendapat bahwa membiarkan seseorang meninggal adalah bentuk penghargaan terhadap pilihan individu. Sebaliknya, ada lebih banyak pendapat yang mengatakan bahwa euthanasia, dengan alasan apapun, sama dengan tindakan pembunuhan. Meningkatnya isu-isu kontroversial seperti ini dalam masyarakat membuat banyak orang saling menyalahkan. Untuk mempersiapkan situasi tersebut, institusi pendidikan perlu menyisipkan program etika dengan capaian Higher order thinking skill (HOTS) pada anak didik. Doctor John adalah salah satu contoh problematic film yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran etika. Tulisan ini berisi tentang analasis karakter tokoh dalam Doctor John. Tujuannya untuk mengetahui teori etika apa saja yang bisa muncul sebagai reaksi dari kasus euthanasia. Metode yang digunakan untuk menganalisis drama tersebut adalah hermeneutik. Dengan menafsirkan simbol yang ada di dalamnya, peserta didik akan paham bahwa setiap reaksi yang muncul dari isu-isu kontrovesial merupakan sebuah pernyataan yang disertai dengan alasan mendasar.

References

Amzy, N. & Rukiah, Y. (2019) Ethical Issues in Cosmetic Sugery for Women: Self-Actualization or Manipulation?, Human Narratives. Vol. 1, No. 1. DOI: hrrps://doi.org/1030998/hn.vil.98

Dahlan, M. (2009) Pemikiran Sifat Moral Immanuel Kant (Deontologi, Imperatif Kategorisdan Postulat Rasio Praktis), Ilmu Ushuluddin.vol 8, No. 01. ISSN 1412-5188.

Firmansyah, R. A., Wrastari, T. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Film sebagai Media Belajar Terhadap Pencapaian Higher Order Thingking Skill pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unair. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Vol. 3, No. 1.

Harususilo, Y. E. (2019, 20 Februari). 5 Langkah Menuju Universitas Masa Depan. Diperoleh dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/10000041/5-langkah-menuju-universitas-masa-depan (Diunduh 7 Mei 2020).

Krasemann, K. W., Thiroux, J. (2012). Ethic Theory and Practice, Eleven Edition. Glencoe Publishing Company.

Pradjonggo, T. S. (2016). Suntik Mati (Euthanasia) Ditinjau dari Aspek Hukum Pidana dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hal. 56-63.

Rachel, J. (2012). Ethical Egoism. Ethical Theory – an Anthology. Russ Shafer-Landau (ed). Oxford: Wiley-Blackwell. Hal. 193-199.

Retnawati, H, dkk. (2018) Teachers’ Knowledge about Higher-order Thingking Skills Strategy. Problem of Education in the 21st Century. Vol 76, No. 2. Ethics Teori and Practice, Eleventh Edition.

Singer, Peter. (1999) Practical Ethics. Melbourne: Cambridge University Press. Hal. 13-14.

Struart Mill, John. (1863) Utilitarianism. Canada: Batoche Books Limited.
Published
2020-06-29
How to Cite
Amzy, N., & Rosalinda, H. (2020). ANALISIS KARAKTER DALAM DRAMA DOCTOR JOHN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ETIKA TENTANG EUTHANASIA. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3(1), 1-13. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/48