MENJAGA KELESTARIAN HUTAN DAN SIKAP CINTA LINGKUNGAN BAGI PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA

  • Nazwa Ahada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Anis Fuadah Zuhri
Keywords: Kelestarian Hutan, Cinta Lingkungan

Abstract

Kelestarian hutan merupakan hasil berbagai proses yang terjadi dalam kehidupan dari ekologi hutan. Sebuah ekosistem hutan memiliki sistem sosial yang terdiri dari manusia dengan proses-proses sosial dan kemudian terdapat lingkungan ekosistem itu sendiri. Permasalahan yang terjadi seperti pembakaran dan penebangan hutan merupakan salah satu faktor yang mampu memberikan dampak signifikan bagi keberadaan lingkungan dan kehidupan di dalamnya. Dalam artikel ini akan mengkaji tentang kelestarian hutan dan menumbuhkan rasa cinta lingkungan bagi peserta didik MI/SD di Indonesia dengan cara membahas berbagai materi yang terkait dengan 1) kondisi kelestarian hutan di Indonesia. 2) menjaga dan menumbuhkan rasa cinta lingkungan. Metode yang digunakan yaitu melalui media pembelajaran interaktif  yang memanfaatkan teknologi komputer sebagai perangkat untuk menggunakannya. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai melestarikan hutan dan cinta lingkungan khususnya pada tingkat pendidikan sekolah dasar.

References

2019, K. (2012). Rekalkulasi Penutupan Lahan Indonesia Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Adinugraha, H. A. (2008). Tugas mulia menyelamatkan hutan indonesia. 6(2), 1–8.
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Barri, M. F., Setiawan, A. A., Oktaviani, A. R., Prayoga, A. P., & Ichsan, A. C. (2018). 1 Deforestasi Tanpa Henti. 2018. 1–62.
F, P. (2011). Pelestarian Hutan dalam Hubungannya Dengan Lingkungan dan Potensi Ekonomi. In Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil).
Jacobus, A. (2015). Program Sekolah Harmoni Hijau.
KLHK. (2018). Status Hutan dan Kehutanan Indonesia 2018. In Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
Masruroh, M. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461
Milutasari, M. C. (2019). Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sd Negeri 16 Purwodadi.
Mutiani, M. (2017). Ips Dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718
Paramita, V. S., & Dkk. (2017). Manajemen Sekolah Hijau Berwawasan Lingkungan. Dharma Bhakti Ekuitas, 02(01, september), 162.
Rasyid, F. (2014). Permasalahan dan Dampak Kebakaran Hutan. 4, 47–59.
Rukandar, D. (1995). KEBIJAKAN PELESTARIAN SUMBER DAYA HUTAN DALAM RANGKA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN.
Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Zaenuddin, D. et. a. (2014). Konsep Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (Phbm). http://blogdirgalaremba.blogspot.co.id/2014/03/konsep-pengelolaan-hutan-berbasis.html
Published
2020-07-01
How to Cite
Ahada, N., & Zuhri, A. (2020). MENJAGA KELESTARIAN HUTAN DAN SIKAP CINTA LINGKUNGAN BAGI PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3(1), 35-46. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/43