Implikatur Percakapan Dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia

  • Siti Maemunah
Keywords: Novel, Implikatur Percakapan, Asma Nadia

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengkaji implikatur percakapan dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Metode yang peneliti digunakan adalah kualitatif deksripsi dengan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pesantren Impian karya Asma Nadia yang diterbitkan oleh Asma Nadia Publishing House. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh table analisis. Fokus penelitian ini adalah implikatur percakapan dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Sedangkan sub fokusnya adalah prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Pada hasil penelitian ini yaitu terdapat dialog-dialog dalam novel yang berkaitan dengan pelanggaran maksim dan penerapan maksim dalam implikatur percakapan yang dibagi ke dalam prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Prinsip kerja sama dibagi ke dalam empat bagian yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, maksim cara. Prinsip kesantunan dibagi ke dalam enam bagian yaitu maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerndahan hati, maksim kesepakatan dan maksim simpati

References

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta :Rineka Cipta.
Cummings, Louise. 2007.Pragmatik. Yogyakarta:PustakaPelajar.
Galih Wibisono. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Tokoh Utama pada Film Liang Zhu Sampek Engtay. Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya. JurnalCakrawala Mandarin Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia. Vol. 1, No. 2, Oktober 2017, PP. 57-67.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teoridan Praktik. Jakarta: PT. BumiAksara.
Hermaliza. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Tuturan Ironi Talk Show Bukan Empat Mata di TRANS 7:Tinjauan Pragmatik. E-Jurnal.
Lubis, A. Hamid Hasan. 2011.Analisis Wacana Pragmatik. Bandung :Angkasa.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Rahardi, Kunjana. 2009.Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.
Rohmadi, Wijana P. 2009.Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta : Yuma Pustaka.
Rustono. Implikatur Percakapan sebagai Pengungkapan Humor di dalam Wacana Humor Verbal Lisan Berbahasa Indonesia. Jakart: Universitas Indonesia Press. 1999. hlm. 82.
Schiffrin, Deborah. 1994. Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Susilo, Muhammad Joko. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Bandung: CV. YramaWidya.
Syamsudin. Studi Wacana Teori Analisis Pengajaran. Bandung: Mimbar Pendidikan Bahasa dan Seni.
Syibli Maufur. Penerapan Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun Berbahasa di Kalangan Masyarakat Kampung Pesisir Kota Cirebon. Dosen Jurusan PGMI FITK IAIN SyehNurjati Cirebon. Al Ibtida. Vol. 3.No.1, Juni 2016.
Widodo, Mulyanto. Dkk. 2016. Prinsip Percakapan. Yogyakarta :Textium.
Winda Sulistyowati. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan dalam Film Petualangan Sherina Karya Riri Riza. Skriptorum, Vol. 2, No.2.
Published
2019-07-02
How to Cite
Maemunah, S. (2019). Implikatur Percakapan Dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 44-48. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.28