SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Noviana Fitrianingsih Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus
  • Shela Apriliana
  • Aldi Kurnia Ilmi
  • Dina Fakhriyana
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy, Systematic Literature Review

Abstract

Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif terhadap penelitian kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis berdasarkan self efficacy, dengan membandingkan dan mensintesis dasar penelitian empiris mengenai topik tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis serta bagaimana tingkat self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review, dimana pencarian dan pengumpulan data menggunakan keyword “self efficacy” serta “kemampuan pemahaman konsep matematis”. Peneliti kemudian memilih item data sesuai kriteria inklusi, menganalisis data, dan selanjutnya mengambil kesimpulan penelitian yang valid. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis serta tinggi-rendahnya tingkatan self efficacy juga memiliki peran terhadap kemampuan mereka dalam memahami konsep matematis. Semakin tinggi self efficacy yang dimiliki peserta didik, semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam memahami konsep matematika.

References

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Analisis Pemahaman Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau Dari Self Efficacym Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau Dari Self Efficacy. Jurnal Padegogik, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2651

Annisa, R., & Hartono, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Peserta didik MTsN 03 Kota Pekanbaru. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 226–236.

Ansari, Bansu I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir Dan Manajemen Belajar: Konsep Dan Aplikasi. PeNA.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Aulia, J., Fitraini, D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Peserta didik SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 367. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10647

Auliya, R. N., & Munasiah, M. (2016). Hubungan Antara Self-Efficacy, Kecemasan Matematika, Dan Pemahaman Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2655

Cahyati. M, A. C., Andriani, L., & Revita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Peserta didik SMPN 2 Bangkinang Kota. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 125. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9333

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta didik Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892

Kurniati, A., Marliny, D., & Rahmi, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Peserta didik Mts Al-Muttaqin Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 67. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12893

Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 168–183. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.17

NCTM. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nuraiman, M., Nasrun, & Ernawati. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Makassar. Compass: Journal of Education and Counselling, 1(2), 248–259.

Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388

Nurimani, N. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Peserta didik Ditinjau dari Self-Efficacy: Eksperimen di SMK Negeri 9 Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 7(2), 9–28.

Prihastyanti I, Sawitri DR. 2020. Dukungan Guru Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Sma Semesta Semarang. Jurnal EMPATI, 7(3), 867–880. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Putri, A. O., Ariyanto, L., & Aini, A. N. (2021). Pengaruh Kecemasan dan Self-Efficacy Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Kelas VII Tahun Ajaran 2020/2021. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (6 Th SENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Semarang, 11 Agustus 2021 , 31–36.

Putri, F. R., & Suharso, A. (2023). Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. INFOTECH Journal, 9(2), 377–382. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6270

Putri, N. E., & Fatah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik berdasarkan Self-Efficacy. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 66–73. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.19879

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Peserta didik Kelas XI MIA 1 SMA N 5 The Effect of Self-Efficacy on Understanding Mathematical Concepts by Applying the Discovery Learning Model to XI MIA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–34.

Rantayu, R. F., Rahayu, A. A., & Ibrahim. (2022). High school students’ self-efficacy in understanding the concept of a system of two-variable linear equations during online learning. Jumlahku, 8(1), 124–134.

Ranti, F., & Kurniati, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik berdasarkan Self-Efficacy Peserta didik SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 021. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9013

Riawan, I. W. E., Asnawati, R., Djalil, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 2 (5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/5741/3559.

Rohmayani, P., & Candra Hastari, R. (2022). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Ditinjau dari Self-Efficacy. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 158–166. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.32

Sari, I. R. (2017) “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VII SMPN 4 Batang Anai”. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑Igma, 1(2), 64–68.

Surtinah, S., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Peserta didik Smp Ditinjau Dari Kemampuan Self-Efficacy Peserta didik. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 61. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6360

Zagoto SFL. 2019. Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.
Published
2024-10-30
How to Cite
Fitrianingsih, N., Apriliana, S., Ilmi, A., & Fakhriyana, D. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(02), 1-14. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i02.260