HABITUASI KARAKTER UNGGUL SISWA MELALUI PERAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 2 JATIBARAT, JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui habituasi karakter unggul siswa melalui peran sikap kedisiplinan guru dalam pembentukan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Jatibarat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah guru kelas VI SDN 2 Jatibarat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kebiasaan sikap disiplin telah dilaksanakan dan diterapkan oleh guru kelas VI di SDN 2 Jatibarat sesuai dengan poin-poin profil pelajar pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bergotong Royong, Berkebinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Hal tersebut terlihat dari karakter peserta didik yang ditunjukkan dari hasil observasi yang dilakukan peneliti seperti sopan santun, sikap tolong menolong, dan hasil belajar yang cukup baik.
References
Aryani, Y. (2022). Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 21 Kepahiang. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 233–240. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/631
Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i2.490
Darmansyah, A., & Susanti, A. (2024). Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 65–77.
Dewi, R., & Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Profesionalisme Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 279. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7839
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications.
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In TAHTA MEDIA GROUP (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23
Idhofi, A., & Agustin, W. P. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Siswa di SMK Statika Bogor. Rayah Al-Islam, 7(3), 1423–1441. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.851
Iswan, & Hadidah, I. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 121–127. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.4152
Julia, P., & Ati. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Dan Kejujuran Siswa Di SD Unggul Lampeunerut. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 185–195.
Khair, U., Arcanita, R., Putrajaya, G., & ... (2023). Analisis Program Mentoring Terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Ibadah Pada Masa Pandemi. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1219–1232. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3148
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116
Mitrya. (2019). KOMUNIKASI RITUAL DALAM TRADISI NGANGGUNG (Studi Etnografi Komunikasi tentang Komunikasi Ritual dalam Tradisi Nganggung di Kelurahan Tuatunu Indah Kota Pangkalpinang). 49–64.
Multazam, F., & Setiasih, O. (2023). Analisis Kebijakan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Internalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.463
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Murni, S., Untari, M. F. A., & Nuvitalia, D. (2023). Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 839–852. http://eprints.upgris.ac.id/2206/1/Pendidikan_Tambusai_7_2_Mei_2023_2.pdf
Patria, W. N., & Abduh, M. (2023). Analisis Elemen Dimensi Berkebhinekaan Global Dalam Ekstrakurikuler Karawitan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1947–1960. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7584
Payong, M. R. (2023). Promoting Peace Education by Using the Local Wisdom in Manggarai Culture, East Nusa Tenggara, Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 665–674. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.1886
Purwaningsih, A. Y., & Herwin. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Rahmat, A. S., & Suparjana, S. (2023). Penerapan Kartu Kendali Literasi Digital Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berorientasi Literasi Di Sekolah Dasar. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.52738/pjk.v3i1.110
Rani, F. (2017). Implementasi Kedisiplinan dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 111/1 Muara Bulian. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Riyanto, F., Mustaqim, & Muntaqo, L. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Kecamatan Punggelan Banjarnegara 2017/2018. TA’DIB: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Peradaban Islam, 1(2), 43–57.
Samrin. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 27(1), 77. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2895
Solihin. (2022). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 818–826.
Susilawati, E., & Sarifudin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Taleba, R. D., Mas, S. R., & Lamatenggo, N. (2023). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Penguatan Karakter Siswa di SD Negeri 1 Minanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 261–268.
Tambunan, N., & Febrianti, N. (2023). Upaya Guru dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas I dan IV di SDN Tanjung Duren Selatan 01. Journal on Education, 5(4), 14111–14121. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2432
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671
Usop, T. B. (2019). Kajian Literatur Metodologi Penelitian Fenomenologi dan Etnografi. Jurnal Researchgate, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15786.47044
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). Research Gate, March, 1–9.
Yusup, M., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Kedisiplinan Waktu Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 937–943. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.278
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.