EVALUASI KOMPETENSI GURU ERA 4.0 (STUDI KASUS DI SDN 04 TENTE)
Abstract
Kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan sekolah. Guru harus memiliki kompetensi yang baik yang dapat digunakan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kompetensi Pedagogik guru (2) Kompetensi Kepribadian guru (3) Kompetensi Profesional guru dan (4) Kompetensi Sosial guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Tente Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman. Dari penelitian dapat di simpulkan: (1) Kompetensi Pedagogik guru yang ada di SDN 04 Tente dalam point mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran masih sangat kurang. (2) Komptensi Kepribadian guru yang ada di SDN 04 Tente sangat baik. (3) Kompetensi Profesional guru yang ada di SDN 04 Tente masih sangat kurang. (4) Kompetensi Sosial guru yang ada di SDN 04 Tente sangat baik.
References
Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8
Haryadi, D., & Islamiah, M. (2021). Evaluasi Kompetensi Guru SMA di Manggelewa Dompu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5155
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru.J. Bumi Aksara.
Damanik, R. (2019). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU. Jurnal Serunai Pendidikan, 8(2), 1–8.https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsa p.v8i2.170
E. Mulyasa, (2018). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Lubis, M. (2019). PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan,Hukum,DanBisnis,4(2),68–73. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16
Rahman, R., Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. Proccedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). https:// doi.org/10.2991/icollite.18.2019.41
Solihin, R., M. Iqbal, M. T. M. (2021). Konstruksi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2).
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah,1(1). 88–97. https: doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e- journal.id/fateksa/article/view/38
Vania Sasikirana, & Yusuf Tri Herlambang (2020). URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0. E-Tech, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX- 0000-00
Zhou, J., & Guo, W. (2016). The Journal of Effective Teaching an online journal devoted to teaching excellence. In The Journal of Effective Teaching (Vol. 16, Issue 3).
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.