HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS 4B DI SD BANI SALEH 01 BEKASI

  • Nur Hasanah STAI BANI SALEH
  • Luthfiah Kamili STAI Bani Saleh Bekasi
  • Seli Mareta STAI Bani Saleh Bekasi
Keywords: mathematics learning outcomes, relationships, self-confidence.

Abstract

This research was conducted to obtain empirical data about the relationship between self-confidence and integer mathematics learning outcomes. The research was conducted using a quantitative approach with relational and survey techniques. The sample for this research was 30 students who were active in the 2023/2024 academic year obtained through random sampling techniques. Data uses descriptive analysis and inferential analysis. The research results show that there is a positive correlation between self-confidence (variable X) and mathematics learning outcomes (variable Y). This is proven by the correlation coefficient (r)=0.956 with the regression equation Ŷ=13.107+0.088X. The coefficient of determination shows that r2=(0.956)2×100%=91.3%. This means that students' mathematics learning outcomes are influenced by their self-confidence. So this research concludes that there is a positive relationship between self-confidence and students' mathematics learning outcomes.

Key words: mathematics learning outcomes, relationships, self-confidence.

References

Dettiany Pritama, 2015 “STUDI TENTANG UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD NEGERI 1 PENGASIH” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Kasmawati, 2023 “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika” Sulawesi Selatan: Global-RCI.

Rifqi Humaida, Erni Munastiwi, Ariq Nurjannah Irbah, Nurul Fauziah, 2022 “Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini” Yogyakarta: Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.

Baso Intang Sappaile dan Triyanto Pristiwaluyo, 2022 “Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa/i” Makassar: Global-RCI

Yulianti dan Muhsin Chatib, 2023 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)” Jambi: Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam

Darwanto dan Kiki Herdiansyah, 2022 “KORELASI SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kotabumi)” Jepara: Jurnal Eksponen

Martina Febianti, Ikha Listyarini dan Filia Prima Artharina, 2022 “Analisis Dampak BullyingTerhadap Kepercayaan Diri Anak: Studi Kasus Di SDNegeri Karangtowo Demak” Semarang: Jurnal Pendidikan Dan Konseling

Rahayu, B., & Fitriyani. (2022). “PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR:”. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 103-113.

Tri Imelda Tumulo, 2022 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo” Gorontalo: DIKMAS Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian.

Arikunto, S.(2010). PROSEDUR SUATU PENDEKATAN PRAKTIK. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhasanah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Menstimulasi Peserta Didik Yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 81-87. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i2.36
Published
2024-04-30
How to Cite
Hasanah, N., Kamili, L., & Mareta, S. (2024). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS 4B DI SD BANI SALEH 01 BEKASI. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 40-49. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i1.191