PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER
Abstract
Abstrak: Bahan ajar dalam pembelajaran matematika masih belum memberikan ruang bagi peserta didik untuk menemukan konsep matematika secara mandiri. Pendidik perlu mengubah pembelajaran matematika agar peserta didik lebih berperan dalam proses pembelajaran sehingga dapat memahami konsep materi yang diajarkan secara mandiri serta membangun nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk membangun karakter peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE, dan peserta didik kelas VIII sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik.
Abstract: Teaching materials in mathematics learning still do not provide space for students to find mathematical concepts independently. Educators need to change mathematics learning so that students play a more role in the learning process so that they can understand the concepts of the material taught independently and build character values. Therefore, this study aims to develop e-LKPD based on a scientific approach to build the character of students. This type of research is a development with the ADDIE model, and class VIII learners as the subject of the study. The data collection instruments used are material expert validation sheets, media expert validation sheets, and student response questionnaires.
References
Al Mulhim, E. N., & Eldokhny, A. A. (2020). The Impact of Collaborative Group Size on Students’ Achievement and Product Quality in Project-Based Learning Environments. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 157–174. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.12913
Anjarsari, E. (2019). Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.813
Asmaranti, W., Pratama, G. S., & Wisniarti. (2013). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573
Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130–144. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666
Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90–100. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850
Buddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. 5(4), 18-27.
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Indonesia: Kemendikbud
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Putri. Ayunda. Fira, dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah. 4(4), 70-77
Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251–1267. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1325
Saldo, I. J. P., & Walag, A. M. P. (2020). Utilizing Problem-Based and Project-Based Learning in Developing Student’s Communication and Collaboration Skills in Physics. American Journal of Educational Research, 8(5), 232–237. https://doi.org/10.12691/education-8-5-1
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: CV Alfabeta.
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54.
Widayanti, L., & Susilowibowo, J. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 482–486.
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.