IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

  • Listi Fitria Ramdan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: kemampuan literasi matematis, pendekatan Realistic Mathematics Education, pendekatan langsung

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan literasi matematis siswa disalah satu SMP di Karawang. Tujuan penelitian ini untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education dengan pembelajaran pendekatan langsung. Adapun desain dalam penelitian ini menggunakan the nonequevalent pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Data diolah menggunakan Software Microsoft Excel 2016 dan software SPSS. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistics terhadap hasil data pretest dan posttest dengan pengujian hipotesis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan analisis data gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh pendekatan langsung, serta peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh pendekatan langsung. Jadi, dapat disimpulkan pendekatan RME lebih tinggi meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya dalam kemampuan literasi matematis.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmansyah, D. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Skripsi pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Bandung: tidak diterbitkan.

OECD. (2019). Chapter 3. PISA 2018 Mathematics Framework. [Online]. Tersedia: https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/13c8a22c-en.pdf?expires=1661113369&id=id&accname=guest&checksum=CB5C2389D9470DAD01171DF446AD4662

Programme for International Students Assessment (PISA). (2018). Chapter 3. PISA 2018 Mathematics Framework. [Online]. Tersedia: https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/13c8a22c-en.pdf?expires=1661113369&id=id&accname=guest&checksum=CB5C2389D9470DAD01171DF446AD4662

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2024-04-30
How to Cite
Ramdan, L. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 10-23. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i1.188