RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN “CARBON” PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

  • Fakhirah Maulidya Universitas Negeri Makassar
  • Azmi Fathin Eka Nugraha Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Palennari
Keywords: CARBON, 6C, Model Pembelajaran

Abstract

Proses berpikir peserta didik diarahkan untuk mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan zaman yang terus berkembang, sehingga diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menjadi tolok ukur keberhasilan peningkatan sumber daya manusia dalam pendidikan abad 21. Pendidikan abad 21 dikenal dengan istilah 6C, yang menekankan pentingnya pemberdayaan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur review dan menghasilkan model pembelajaran CARBON, yang terinspirasi oleh model pengembangan SAM dan terdiri dari 5 tahapan: Connecting, Analyze, Recycling, Bolstering, and Need of Evaluation. Inovasi model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia melalui pemberdayaan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan penguatan karakter peserta didik.

References

Afifa, W. N. (2020). Pengembangan silabus mata pelajaran desain grafis percetakan berbasis keterampilan abad 21 pada SMK. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 53-62.

Afifa, W. N., Khaerudin., & Ariani, D. 2020. Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Berbasis Keterampilan Abad 21 pada SMK. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1) 53-62.

Ar, K. A. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan 6c (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, Dan Citizenship) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(1).

Areq, A., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2019). Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 37-44.

Asmarajaya, I. K. A., & Mahendra, G. S. (2023). Konservasi Wayang Kamasan dengan Permainan Jigsaw Puzzle pada Smartphone Android Menggunakan Successive Approximation Model. Teknomatika, 13(02), 17-27.

Bahri, A. (2017). Pembelajaran Abad 21: Memberdayakan Keterampilan Berpikir dan Menumbuhkan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Sains Biologi. Kupang, 23 September 2017

Darmayanti, I., Fitri, R., & Syamsurizal, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Aspek Kognitif dan Psikomotor. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 4(2), 18-25.

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi model pembelajaran creative problem solving untuk siswa kelas awal sekolah menengah kejuruan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89-98.

Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar, 2(4).

Indrawati, & Sutarto. (2013). Strategi Belajar Mengajar “Sains”. Jember: Jember University Press.
Jung, H., Kim, Y., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced instructional design for successive E-learning: Based on the successive approximation model (SAM). International Journal on E-learning, 18(2), 191-204.

Karwati, U. (2012). Aplikasi Model Pembelajaran Sinektik (Synectic Model). Jurnal Seni & Budaya Panggung, 22(2),147-159.

Nasution, P. R. (2017). Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46-62.

Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97-110.

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149-155.

Setiawan, Y. A. P., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Perbedaan model pembelajaran Numberhead Together (NHT) dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap gaya belajar dan hasil belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 133-141.

Sundari, F. 2017. Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar”, 1(1), 60-76.

Supiati, S. E. S., & Sugandi, M. K. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(1), 247-254.

Syiba, G. N. A., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2021). Analisis dan Rekonstruksi LKPD Berbasis Abad 21 Pada Praktikum Tulang: (Analysis and Reconstruction of LKPD Based on the 21st Century in Bone Practicum). BIODIK, 7(2), 97-109.

Yani, I. P., Iranie, R., Jonuarti, R., & Rahim, F. R. 2021. Analysis Indicator of Critical Thinking Skills in Physics Textbooks for Senior High School Grade X Semester 1 In Padang. Pillar Of Physics Education, 14 (2), 81-88.
Published
2024-04-30
How to Cite
Maulidya, F., Nugraha, A. F., & Palennari, M. (2024). RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN “CARBON” PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 24-30. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i1.182