HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI AL QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS

KEMAMPUAN LITERASI AL QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS

  • Ilham Ilham Jaya Universitas Bani Saleh
  • Sri Raharjo Saptono Putro FIP Universitas Bani Saleh Bekasi
Keywords: Kemampuan, Literasi Al Qur’an, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi Al Qur’an dengan karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Bani Saleh yang diambil sebanyak 100 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri dari: variabel kemampuan literasi Al Qur’an menggunakan tes unjuk kerja, sedangkan karakteristik religius menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi  48,329 + 0,432X, artinya semakin tinggi kemampuan literasi Al Qur’an yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin tinggi karakter religius mahasiswa. Hasil analisis korelasi dengan uji r product moment diperoleh nilai r­hitung 0,696 > rtabel 0,194, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Nilai rhitung sebesar 0,696 masuk dalam kategori hubungan yang kuat. Hasil uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 9,601 > ttabel 1,98. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,485 menunjukkan bahwa 48,5% variasi yang terjadi dalam karakter religius dapat dijelaskan oleh kemampuan literasi Al Qur’an, sedangkan sisanya sebesar 51,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan literasi Al Qur’an dengan karakter religius mahasiswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarsa, Singgih D. (2016). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan dari Anak sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia.
Hayat, Bahrul & Suhendra Yusuf. (2015). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2017). Pendidikan Penguatan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Ma’mur, Lizamudin. (2015). Membangun Budaya Literasi: Meretas Komunitas Global. Jakarta: Diadit Media.
Mafa, Mujadidul Islam. (2015). Jalaluddin Al-Akbar, Keajaiban Kitab Suci Al Qur’an. Sidayu: Delta Prima Press.
Muhibbin, Zainul dkk. (2017). Pendidikan Agama Islam: Membangun Karakter Madani. Surabaya: Litera Perkasa.
Muslich, Masnur. (2016). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, Ngainun. (2017). Characte Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Raharjo. (2018). Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Razak, Nasrudin. (2014). Dienul Islam. Bandung: Al Ma’arif.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Syafri, Ulil Amri. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an. Jakarta: Rajawali Press.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, Agus. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. (2017). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2023-11-23
How to Cite
Jaya, I., & Raharjo Saptono Putro, S. (2023). HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI AL QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1-11. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i2.156