ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DI DALAM LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN PADA PESERT DIDIK SDN MANTENG 01 JAKARTA

  • Misran Nuryanto Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Eka Widyawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Pendidikan Karakter, Lagu Anak-Anak, Pengembangan Bahan Ajar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berprilaku sebagai insan kamil. Lagu anak-anak merupakan salah satu sarana mendidik anak, sebab lagu anak dapat menyampaikan pesan nilai karakter kepada anak dengan sederhana dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter yang terdapat di didalam lagu anak-anak sebagai pengembangan bahan pembelajaran pada peserta didik.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dimana metode ini dapat menggali dan memahami suatu proses atau gambaran di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dilapangan, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi bahwa siswa di SDN Menteng 01 Jakarta telah mengetahui macam-macam lagu anak-anak serta tempo nada dari lagu anak-anak. Dengan menyanyikan lagu anak-anak siswa mempelajari nilai karakter mengenal arti keagamaan, arti kerjasama, arti kepedulian terhadap lingkungan, arti dari kepatuhan terhadap peraturan di sekolah, arti sopan dan santun, dan kedisiplinan.

References

Afiffah, Siti Harumatus dkk., 2022, Peran Lagu Anak Terhadap Penanaman Nilai Karakter Siswa di Sekolah Dasar, Journal of Elementary Education, Vol. 6, No. 1 (2022).
Desyandri, 2021, ‘Pengembangan Bahan Ajar Seni Musik Berbasis Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar’, Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1.1 (2021), 1–10 http://jcc.ppj.unp.ac.id/index.php/jcpd/article/viewFile/1/9.
Fitriana, Nur Fuji, 2020, Analisis Nilai Karakter Pada Lagu Anak Dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku, Jurnal Dwijaloka, Vol. 1, No. 3 (2020).
Ilmi, Ahmiatul dkk., ‘Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Manfaat Lagu Anak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar’, Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8.3 (2021), https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/39237 675–83. F
Indriana, Upit Apriliyani, 2019. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8165/3730. Diakses 18 Oktober 2019.
Kusumawati, Heni, 2015, ‘Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anak’, Imaji, 11.2 (2015) https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3839.
Martin, Yoris Adiguna, dkk.,. 2020. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/29243/17039. Diakses 1 November 2020.
Tarmizi, Mohammad, 2017, Evaluasi Efektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Evaluasi Afektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Di Mis Al-Hidayah, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2017.
Yanti, Noor dkk., 2016, ‘Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6.11 (2016).
Published
2022-10-30
How to Cite
Nuryanto, M., & Widyawati, E. (2022). ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DI DALAM LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN PADA PESERT DIDIK SDN MANTENG 01 JAKARTA. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(2), 85-92. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i2.148