Peningkatan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas Ib Mi Nurul Anwar Bekasi Utara

  • Fiyani Nabilah
  • Muhamad Abdul Gofur
Keywords: Kemampuan, Kosakata Bahasa Arab, Picture and Picture.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran-gambaran serta informasi tentang peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa Arab melalui metode pembelajaran picture and picture siswa kelas IB MI Nurul Anwar Bekasi Utara. Fokus pada penelitian ini adalah mencari solusi terhadap permasalahan kelas terkait dengan proses peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa Arab melalui metode pembelajaran picture and picture pada materi mengenal 20 kosakata bahasa Arab tentang hewan dan buah. Penelitian pada permasalahan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang menjadikan penggunaan metode pembelajaran picture and picture sebagai intervensi tindakan dan kemampuan mengenal kosakata bahasa Arab sebagai dampak yang diamati.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, S. M. (2008). Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.
Ekawarna (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press.
Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamid, A. (2010). Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Hasanah, L. (2018). Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 1(01), 13-20.
Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Wihardit, K. dan Wardhani, I. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2020-08-01
How to Cite
Nabilah, F., & Gofur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas Ib Mi Nurul Anwar Bekasi Utara. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 78-85. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.56