Solusi Krisis Pendidikan Di Daerah 3T: Pendekatan Dan Inovasi Untuk Kemajuan

  • Singgar Mantahari Dalimunthe Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Mardiatul Husna Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nancy Dwinta Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: Solusi, Krisis Pendidikan, Daerah 3T.

Abstract

Kesenjangan antara pendidikan di daerah perkotaan dan wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) menimbulkan krisis pendidikan yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi efektif dalam mengatasi krisis pendidikan di daerah 3T. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), dengan teknik pengumpulan data melalui identifikasi, pencarian, dan pemilihan literatur, serta analisis isi (content analysis) dan kritik sumber. Hasil penelitian ini mengidentifikasi beberapa solusi yang dapat diimplementasikan, seperti pemahaman konteks lokal, kemitraan dengan komunitas, integrasi budaya lokal dalam kurikulum, pengembangan materi pembelajaran, dan pendidikan berbasis proyek. Selain itu, digitalisasi pendidikan dan pembangunan infrastruktur yang memadai juga merupakan elemen penting. Peningkatan kualitas guru dan penguatan kurikulum melalui program "Guru Mengabdi" juga berperan signifikan. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta melalui kemitraan publik-swasta, serta program beasiswa dan bantuan pendidikan, sangat penting untuk memperluas akses pendidikan di daerah 3T.

References

Adi Permana. (n.d.). 3T Regional Support Program: Seeking Exceptional Students Across Indonesia. Retrieved from institut teknologi bandung website: https://itb.ac.id/news/3t-regional-support-program-seeking-exceptional-students-across-indonesia/59464

Anas, A. (2024). The Use of Offline Internet as a Learning Media for Islamic Education at MA Alkhairaat Batusuya. 28–30.

Anggraisa, A., Nurlidiya, E., Sativa, O., Kholiza, T., & Putri, N. (n.d.). Mengintegrasikan Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan.

Aulia, S., Diva Saraswati, N., Catraliya Hikmawati, L., Iesa karunia illahi, A., Metalin Ika Puspita, A., Studi Pendidikan Akuntansi, P., & Ekonomika dan Bisnis, F. (2024). Pendidikan Berkualitas untuk Semua: Mewujudkan Hak Asasi Manusia di Bidang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 307–315. Retrieved from https://doi.org/10.62017/merdeka

Ayudhia Nur Luthfia, Nabila Putri Wahiddiyah, Desy Safitri, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Analisis Problematika Pendidikan Indonesia Di Wilayah 3T. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 36–46. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.491

Berliana, N., Indah, N., Hamidah, F., & Jasmi, R. A. (2024). TANTANGAN DAN SOLUSI PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL : STUDI KASUS DI DESA CISAMPANG Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas individu dan masyarakat . Pendidikan adalah faktor utama dalam proses pertu. 4, 1–23.

Daga, A. T., Wahyudin, D., & Susilana, R. (2022). The 21st Century Skills of Elementary School Students in 3T Regions (Frontier, Outermost, and Least Developed Regions). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 817. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6239

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., … Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Dudung, A., Sudrajat, A., Hasanah, U., Winingsih, L. H., Suprastowo, P., Irmawati, A., & Listiawati, N. (2018). Model Pendidikan Daerah 3T Berbasis Kearifan Lokal.

Dudunggus Dudung, A., Hasanah, U., & Silitonga, M. (2019). The Education Model for Authorized, Outdoor and Terrible Areas Concerning the Diversity of Environmental, Social and Cultural Conditions (Based on Local Wisdom). KnE Social Sciences, 3(12), 189. https://doi.org/10.18502/kss.v3i12.4085

Evans, C. M. (2019). Student outcomes from high-quality project-based learning: A case study for PBLWorks. Center for Assessment, Dover, NH. Retrieved from https://www.pblworks.org/sites/default/files/2020-01/PBLWorks HQPBL Teacher Case Study Report_FINAL.pdf

Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997

Faruqi Tutukansa, A., & Dwi Tuffahati, E. (2022). Optimalisasi Peningkatan Kualitas Mutu Pendidikan Provinsi Papua Sebagai Daerah 3T Di Indonesia. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 14(2), 84–92. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol14.iss2.art4

Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i1.303

Fitri, E. A., & Arni, Y. (2024). Utilization of Environment-Based Science Learning Resources Around Sungai Pedada as Elementary Schools in the 3T Region of Indonesia. (December), 106–113.

Hidayah, I., & Tri Marhaeni, P. A. (2016). Reinforcement of professional teacher candidates in Indonesia through program of graduates educating in the frontier, outermost, and disadvantaged regions (SM-3T). International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 166–171. https://doi.org/10.21890/ijres.02425

Kurniawan S. Djibran, A., Subiyanto, P., Wakhudin, W., & Sri Rahayu, N. (2024). Transforming Education in The Digital Age : How Technology Affects Teaching and Learning Methods. Journal of Pedagogi, 1(3), 141–155. https://doi.org/10.62872/ksq9jc13

Maulido, S., Karmijah, P., & Sekolah, P. L. (2024). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Di Daerah Terpencil Vinanda Rahmi. Jurnal Sadewa: Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 3021–7377. Retrieved from https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.488

Nucky Nugraha. (2023). Mengatasi Tantangan Pendidikan di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Retrieved January 28, 2025, from kumparan.com website: https://kumparan.com/nucky-nugraha/mengatasi-tantangan-pendidikan-di-daerah-terdepan-terluar-dan-tertinggal-20lQa5iZcgR

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Putera, M. T. Fi., & Rhussary, M. L. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3T. Jurnal Ekonomi Manajemen, 12(2), 144–149.

Putri, D. W., Laili, N., Rohmatunnadjila, & Amalia, R. (2023). An Impactful Story of Education Empowerment and Lifelong Learning Coaching in Jeruk Purut Village - Growing Minds, Changing Lives. Proceedings of The ICECRS, 12(2), 1–7. Retrieved from https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1745

Putri Shaian. (2022). Lika-Liku Masalah Pendidikan di Daerah 3T. Retrieved January 28, 2025, from sahabat pedalaman website: https://blog.sahabatpedalaman.org/pendidikan-daerah-3t/

Rahma Dona, & Irwansyah. (2024). Analisis Hak Warga Negara Untuk Memperoleh Pendidikan Yang Layak Di Kota Medan. Grondwet, 3(2), 31–43. https://doi.org/10.61863/gr.v3i2.40

Rahmawati, A. S., & Wolo, D. (2022). Effect of 3T School Digitalization in the Era of the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 341–345. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1180

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fadilah, N., Azhar, N., Oktavini, D., & Munte, A. C. (2022). Upaya Pemerataan Pendidikan Berkelanjutan Di Daerah 3t. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 405–418. Retrieved from https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/1212/764

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 41–53.

Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Harefa, D., Raya, U. N., Artikel, I., Berbasis, P., … Education, J. (2024). PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL NIAS SELATAN : 12(3), 663–668.

Setiawan, E., Handayani, N., Setiyono, R., Hermansyah, Ahmad, & Widyatmike. (2024). Pemerataan Akses Pendidikan. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(4).

Supianto, S., Marmoah, S., Poerwanti, J. I. S., Istiyati, S., Mahfud, H., & Sukarno, S. (2023). Comparative Study of Education Equity Policy in Remote Areas in Indonesia and Malaysia. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 125–134. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v19i2.2866

Tegrootenhuis, J. (2018). Northwestern College, Iowa NWCommons The Effectiveness of Project-Based Learning in the Science Classroom. Retrieved from https://nwcommons.nwciowa.edu/education_masters

Tomasouw, J., Marantika, J. E. R., Wenno, E. C., & Delzen, C. N. Van. (2024). The Challenges of the Kurikulum Merdeka Implementation in 3T Area. 2024, 359–377. https://doi.org/10.18502/kss.v9i31.17598

Valmay, A. C., Supriyanto, A., & Sunandar, A. (2024). Analysis of Strategies in Improving the Quality of Education in the 3T Region. International Journal of Business, Law, and Education, 5(2), 1593–1600. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i2.633
Published
2025-04-30
How to Cite
Dalimunthe, S. M., Rambe, M. H., & Dwinta, N. (2025). Solusi Krisis Pendidikan Di Daerah 3T: Pendekatan Dan Inovasi Untuk Kemajuan. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1-20. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i1.503